Gear Eskavator Senilai Rp 40 Juta Raib Digondol Maling

    


Alat berat yang gearnya hilang digasak maling - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Nasib sial dialami Hari Murti Sugiatno (46). Warga Desa Sendang Lanang, Kecamatan Padureso, Kebumen ini mengalami kerugian hingga Rp 40 juta, karena dua gear alat beratnya digasak pencuri.

Berdasarkan informasi di lapangan, kejadian berawal saat operator eskavator bernama Muarif (26) warga Kaligubug, Padureso hendak mengecek alat berat yang biasa dipergunakannya untuk menambang batu di kawasan tambang batu Sendang Dalem, Padureso, Minggu (04/12) pagi.

Namun pada saat tiba di lokasi tambang Hari Murti, alat berat milik bosnya yang dia operasikan itu sudah dalam keadaan berantakan. Kasus tersebut kemudian dilaporkan ke kepolisian setempat.

“Banyak sekrup yang berceceran, dan sepasang final gear eskavator sebelah kiri dan kanan dan kiri sudah hilang,” jelas Kapolsek Padureso, Ipda Sugianto, SH, yang langsung melakukan olah tkp usai menerima laporan.

Dari hasil olah tkp, diduga kuat, hilangnya sepasang gear eskavator merk Komatsu tersebut digasak pencuri profesional, yang jumlahnya diperkirakan lebih dari lima orang. Dibutuhkan banyak orang untuk membuka dan mengangkat gear yang beratnya mencapai 1,5 kwintal itu.

“Pelaku memanfaatkan situasi, dimana itu sedang hujan lebat. Kerugian ditaksir mencapai Rp 40 juta. Dan kasus ini sedang kita selidiki,” terang Ipda Sugianto.
 
 
Jon