Gandeng Yayasan Umi Kulsum, Polsek Gebang Lakukan Pembinaan Anak

    


Bekerjasama dengan Yayasan Umi Kulsum pimpinan Hasan Tolabi, Polsek Gebang mengadakan kegiatan perpolisian masyarakat (Polmas), dengan memberikan pembinaan terhadap anak, sebagai bentuk kemitraan antara polisi dengan masyarakat - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Polsek Gebang, Purworejo, bekerjasama dengan Yayasan Umi Kulsum pimpinan Hasan Tolabi, mengadakan kegiatan perpolisian masyarakat (Polmas), sebagai bentuk kemitraan antara polisi dengan masyarakat.

Dalam kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap Sabtu di minggu terakhir setiap bulannya itu, menghadirkan anak-anak yatim piatu dari Yayasan Umi Kulsum, dan anak-anak sekitarnya se-wilayah Gebang.

“Momen ini sangat bagus untuk mendekatkan diri pada masyarakat. Dalam hal ini, mengadopsi program Polisi Sahabat Anak,” jelas Kapolsek Gebang, AKP Suprihadi,” Rabu (06/01/2021).

Dalam kegiatan Polmas tersebut, menurut Suprihadi, dari pihak Polsek lebih menekankan kepada pembinaan, dengan memberikan motivasi pada anak-anak, serta menginspirasi anak untuk meraih cita-cita, dan mengatasi kendala-kendala yang biasa terjadi di lapangan.

Supaya lebih mengena, kata Suprihadi, pembinaan dilakukan dengan tiga metode, yakni, bermain, bernyanyi dan simulasi.

Suprihadi mencontohkan, soal pentingnya keselamatan dalam berlalulintas, dengan selalu memakai helm saat mengendarai sepeda motor. Anak-anak diperkenalkan pentingnya memakai helm.

Mereka diberikan pemahaman, mengenakan helm bukan karena takut polisi, atau takut ditilang. Tapi demi keamanan pengendara sendiri. Hal itu dicontohkan dalam simulasi.

Dalam kegiatan tersebut, ada program pemberian santunan yang tidak bisa diambil sebelum anak dewasa. Program ini semacam anak angkat. Masing-masing anak punya no rekening bank. Bagi siapa saja yang ingin berbuat baik, tinggal transfer ke rekening si anak. Dan ketika dewasa, tabungan tersebut baru bisa dibuka.

Dijelaskan pula oleh Suprihadi, Yayasan Umi Kulsum yang beralamatkan di Kelurahan Lugosobo, Gebang, Purworejo, merupakan yayasan sosial (anak yatim piatu). Di yayasan ini, anak-anak yatim piatu diberikan bimbingan belajar, dengan berbagai macam kegiatan pelajaran, yang utamanya untuk memotivasi anak agar berperilaku baik.

“Kita mengembangkan fungsi Polmas, dengan menjalin kesepakatan dan menginventarisir masalah,” pungkas Suprihadi. (Jon)