Gandeng Daihatsu, SMK Pansa Kutoarjo Gelar USK

oleh
Pelaksanaan USK di SMK Pansa Kutoarjo, Minggu (19/03/2023), yang dilakukan oleh LSP-P3 dari Daihatsu, Jakarta - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bekerjasama dengan Astra Daihatsu Motor (ADM), SMK Pancasila 1 (Pansa) Kutoarjo, Purworejo, mengadakan Uji Sertifikasi Kompetensi (USK), yang dilaksanakan selama dua hari, dari Sabtu (18/03/2023) hingga Minggu (19/03/2023).

USK ini diikuti 22 siswa kelas XII SMK Pansa Kutoarjo dari jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan). Untuk tim pengujinya dari Daihatsu, yakni Adi, dari TC Daihatsu Pusat Jakarta dan Sutarno dari Wilayah PBD (Pintar Bersama Daihatsu) Jateng.

Menurut Kepala SMK Pansa Kutoarjo, Septi Endah Parwati, M.Pd., pelaksanaan USK sebagai bentuk komitmen dari kerjasama antara sekolahnya dengan Daihatsu.

“Jika nantinya lolos, para peserta akan mendapatkan sertifikat USK dari Daihatsu,” jelas Septi, Minggu (19/03/2023).

Septi menyebut, jumlah siswa jurusan TKR kelas XII sebanyak 147. Namun kuota yang ada untuk USK tersebut hanya 22 peserta. Dan sisa siswa yang tak ikut USK, akan mengikuti UKK (Ujian Kompetensi Keahlian) yang diselenggarakan oleh sekolah.

Dikatakan Septi, sebelum mengikuti USK, para peserta menjalani seleksi dulu di tingkat sekolah. Mereka dipilih, supaya betul-betul nantinya standarnya mendekati dari target yang ditentukan Daihatsu. Setelah diseleksi, dilanjutkan dengan pelatihan selama 2 bulan di bengkel

“Kita sudah menjalin kerjasama ini sejak tahun 2010. Banyak manfaat yang didapat dengan ikut USK ini,” ungkap Septi.

Setelah dinyatakan lolos USK oleh penguji dari Daihatsu, para peserta mendapatkan sertifikat yang bisa dipergunakan untuk melamar pekerjaan. Jika melamar ke Daihatsu dan ada kuota, pastinya akan lebih dipermudah.

“Dengan modal sertifikat dari Daihatsu ini, nanti jika melamar di perusahaan manapun akan diperhitungkan karena ada nilainya,” kata Septi sambil menjelaskan, untuk USK tahun lalu, dari 20 siswa yang ikut, 12 diantaranya bisa lolos.

Terpisah, Ozi Mahrus, Kakom dan PIC ADM di SMK Pansa Kutoarjo mejelaskan bahwa USK tersebut dilakukan oleh LSP-P3 dari Daihatsu, Jakarta. USK sendiri merupakan ujian skil kompetensi anak tentang perawatan kendaraan di 20 ribu km.

“Perawatan kendaraan 20 ribu km itu meliputi pemeriksaan elektrikal, lampu, engine, under care dan pemeriksaan sistem rem.,” Jelas Ozi.

Harapannya, kata Ozi, dengan kegiatan ini siswa mampu dan kompeten dalam melaksanakan perawatan engine 20 ribu km sesuai dengan materi yang diberikan di sekolah.

“Sehingga setelah mengikuti kegiatan ini dan anak lulus, akan mendapatkan sertifikat yang bisa dipergunakan untuk melanjutkan. Bisa untuk melamar pekerjaan dan juga bisa untuk melanjutkan sekolah,” pungkas Ozi. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News