Gandeng BPD Bali, SMAN 5 Denpasar Buka Layanan Pembayaran Iuran Komite di Sekolah

oleh
Kepala SMA Negeri 5 Denpasar Cokorda Istri Mirah Kusuma Widiawati memantau layanan pembayaran iuran komite sekolah dengan menghadirkan petugas BPD Bali, Selasa, 5 September 2023 - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMA Negeri 5 Denpasar menggandeng Bank Pembangunan Daerah Bali untuk pembayaran uang komite sekolah. Petugas bank datang ke sekolah untuk melayani administrasi kepada orang tua murid.

Kepala SMA Negeri 5 Denpasar Cokorda Istri Mirah Kusuma Widiawati menjelaskan, pembayaran langsung ke petugas BPD yang datang ke sekolah untuk memudahkan layanan tanpa harus datang ke kantor bank.

“Ini baru pertama kami lakukan, dan rencananya dijadwalkan setiap tanggal 5 di bulan berikutnya,” kata Bu Cok, Selasa, 5 September 2023.

Terlihat, sepanjang layanan dibuka dalam satu hari, sejumlah orangtua cukup antusias menuntaskan kewajiban administrasi komite sekolah.

Kusuma Widiawati mengungkapkan, pihak sekolah menentukan tarif uang komite cukup terjangkau oleh orangtua siswa. Iuran komite sekolah di SMA Negeri 5 Denpasar ditetapkan sebesar Rp 200.000.

Dijelaskan, jumlah iuran tersebut dinilai tidak memberatkan orangtua siswa. Cok Mirah Kusuma Widiawati sendiri mengaku sangat memahami kondisi ekonomi orang tua siswa.

“Dengan besaran iuran itu, kami tetap memberikan layanan pendidikan secara maksimal, dengan fasilitas dan tenaga pengajar yang cukup. Jadi tidak mengurangi kualitas pendidikannya,” jelasnya.

Menurutnya, pihaknya selalu melibatkan orangtua siswa dalam hal layanan pendidikan yang diberikan. Mereka tergabung dalam grup WhatsApp. Sehingga, setiap informasi di sekolah akan sampai kepada orangtua atau wali murid.

Dari pantauan yang ada terlihat, orangtua siswa justru membayarkan iuran sampai pada beberapa bulan berikutnya.

“Dari teknis layanan sangat membantu kami. Mengingat, kami terbatas di SDM, jadi dengan menghadirkan petugas BPD, administrasinya terkelola dengan baik,” terang Bu Cok. (Way)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News