Gandeng AKPRIND Yogyakarta, SMK TKM Purworejo Gelar Workshop Robotika

    


Kepala SMK TKM Purworejo, Ki Gandung Ngadina, SPd, MPd, saat memberikan sambutan dalam Workshop Robotika, hasil kerjasama dengan AKPRIND Yogyakarta, Sabtu (11/1) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bekerjasama dengan Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta, SMK TKM Teknik Purworejo menggelar Workshop Robotika. Kegiatan yang berlangsung Sabtu (11/1) di aula setempat ini, diikuti semua siswa kelas XI dan XII dari jurusan TITL (Teknik Instalasi Tenaga Listrik), sejumlah guru TITL dan wali kelas.

Dengan tema Perakitan dan Pemrograman Robot Line Follower, Workshop Robotika ini dibuka secara resmi oleh Drs Hamdi,
Pengawas SMK dari cabang Dinas Pendidikan wilayah VIII Jateng.

Dalam sambutannya, Hamdi mengatakan, kalau dirinya sangat mengapresiasi kegiatan workshop tersebut. Menurutnya, dengan Workshop Robotika tersebut, bisa memberikan kekuatan lahir siswa, dan sebagai persiapan untuk mengikuti lomba robotik tingkat nasional di Surabaya.

“Ini sebagai usaha sekolah untuk melengkapi kemampuan, ketrampilan, pengetahuan, dan kompetensi atau kecintaan siswa terhadap teknologi robot,” ujar Hamdi.

Sementara itu, Ki Gandung Ngadina, SPd, MPd, selaku Kepala SMK TKM Purworejo menyampaikan, melalui workshop tersebut, peserta akan dituntun untuk mengenal dasar robotik, komponen perangkat keras, perangkat lunak, serta melakukan perancangan perangkat keras dan lunak robot Line Follower (Robot Pengikut Garis).

“Pemilihan jenis robot ini, didasarkan pada kemudahan perancangannya bagi pemula. Dengan kemampuan dasar yang dimiliki, siswa dapat melakukan explorasi terhadap robot Line Follower tersebut,” ungkap Ki Gandung.

Tujuan utama dari workshop, kata Ki Gandung, untuk menarik minat dan bakat siswa dalam belajar di jurusan TITL, serta mampu menjadi daya tarik siswa baru, agar berbondong-bondong masuk di jurusan TITL, sehingga jurusan ini menjadi jurusan favorit di SMK TKM Purworejo.

Juga, memberi kesempatan pada siswa untuk menghubungkan pelajaran yang telah mereka dapatkan, menjadi sebuah teknologi yang produktif di masa-masa sekarang, dan yang akan datang.

“Yang pasti, melatih berpikir kreatif, terstruktur, kerjasama team, serta manajemen waktu,” terang Ki Gandung.

Workshop yang dimulai pukul 08.00 WIB itu, menghadirkan dua trainer dosen dari AKPRIND Yogyakarta, Beny Sirman, ST, MEng, dan M. Andang Novianto, ST, MT, yang didampingi tiga trainer mahasiswa, Adis Maja Septian Permai, Salsabila Ulfah Tran, serta Iqbal Nugraha. (Jon)