Film ‘Mari Berkendara Dengan Baik, Juarai ILM Polres Kebumen

    


Kasatlantas Polres Kebumen, AKP Suryo Wibowo, SIK, bersama pemenang (juara 1), lomba Iklan Layanan Masyarakat, dalam rangka HUT Polantas ke 62 - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Film berdurasi pendek berjudul Mari Berkendara Dengan Baik, karya siswa SMAN 2 Kebumen, menyabet juara 1, dalam lomba ILM (Iklan Layanan Masyarakat) yang diselenggarakan Satlantas Polres Kebumen.

Disusul di peringkat kedua, film ILM berjudul T3S, karya siswa SMK N 1 Gombong. Dan sebagai juara 3, film berjudul Hidup Itu Cuma Sekali, karya siswa SMK Nawa Bhakti. Ketiga pemenang tersebut, mengalahkan para pesaingnya, dalam lomba yang diikuti 25 peserta.

“Lomba ILM tersebut, dalam rangka memeriahkan HUT Polantas ke 62,” kata Kasatlantas Polres Kebumen, AKP Suryo Wibowo, SIK, Kamis (2/11).

Dijelaskan oleh Suryo, bahwa lomba ILM tersebut bertema tentang keselamatan berlalulintas, dengan sasaran pelajar SMA/sederajat. Tujuannya, membangun kepedulian masyarakat, khususnya pelajar, terhadap keselamatan berlalulintas. Anak-anak sekolah dianjurkan untuk mengingatkan sesamanya, dengan pembuatan film/video ILM tersebut.

Selain itu, ujar Suryo, mengumpulkan materi-materi himbauan beraudio visual yang menghibur dan mendidik. Lewat ajang ILM tersebut, juga bisa menjadi sarana latihan mengasah bakat dan minat di bidang sinematografi.

“Secara garis besar, sebagai penjabaran dari tahun keselamatan untuk kemanusiaan, dengan mengajak semua elemen masyarakat, akan pentingnya keselamatan berlalulintas,” terang Suryo.

Untuk penjurian, dilakukan oleh intern kepolisian, dan insan perfilman. Kriteria penilaian, meliputi, kwalitas pengambilan gambar, durasi, bahasa, seni kreatifitas, serta materi himbauan. Dan bagi para pemenang, kata Suryo, berhak mendapatkan tropy, piagam, dan uang pembinaan. Film mereka, akan ditampilkan di beberapa event, yang memungkinkan untuk melakukan himbauan.

“Dengan kegiatan ini, akan dapat meningkatkan kepedulian seluruh pihak, khususnya masyarakat, tentang pentingnya arti keselamatan berlalulintas,” pungkas Suryo. (Jon)