Fadli Zon Kunjungi Para Maestro Seni Di Surakarta

    


Keterangan foto : Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon berfoto bersama di besalen Brojodiningrat milik Mpu Totok Brojodiningrat di dampingi Kapolsek Mojolaban. / Foto : Koranjuri.com

KORANJURI.COM- Wakil Ketua DPR RI yang juga ketua Sekretariat Nasional Keris Indonesia melakukan ziarah budaya ke tempat para maestro seni di daerah Surakarta, Minggu ( 15/4 ).

Para maestro seni yang di sambangi Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon diantaranya, maestro keroncong Waljinah di kampung Mangkuyudan, Solo.. Mpu Totok Brojodiningrat pemilik Padepokan Brojodiningrat di Desa Mojolaban, Bekonang. Maestro gamelan Rahayu Supanggah asal Dusun Ngringo, Jaten , Karanganyar. Maestro Topeng dan peukis kaca asal Polokarto, Sukoharjo, Narimo.

Kunjungan Fadli Zon ke tempat para maestro bertujuan menjalin silaturahmi dalam rangka membangun kebersamaan melestarikan budaya Nusantara.

Dalam keterangan dia menegaskan, indonesia kaya akan warisan budaya. Khususnya budaya keris, dunia sudah memgakuinya.

Keris memiliki nilai artistic yang tinggi. Sejak abad ke tujuh, delapan, sembilan di era Singosari, Kediri, Majapahit, keris sudah ada serta memiliki nilai histori yang sangat kuat karena di pakai para raja, sultan dan lainya.

Oleh karena itu pelestarianya sangat penting di lakukan.

‘ Keris adalah maha karya perpaduan seni ukir, seni tempa, seni pahat, seni filosofi dan unsur seni lainya . Keris juga memiliki keindahan tidak hanya pada pamor, tetapi di seluruh titik bilah memiliki keindahan. ‘ Tukas Fadli Zon / Jud


 

Hits: 155