Evakuasi Anak-anak Penderita Malnutrisi di Distrik Atsj

    


Satgas Gabungan melakukan evakuasi terhadap anak-anak penderita gizi buruk dan warga yang mengalami masalah kesehatan di DistrikAtsj, Kabupaten Asmat, Papua, Jumat, 19 Januari 2018 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Penderita malnutrisi di Distrik Atsj, Kabupaten Asmat Papua, dievakuasi ke RSUD Agats, Jumat, 19 Januari 2018.

Jumlah yang dievakuasi sebanyak 14 orang terdiri dari 11 anak penderita gizi buruk, 1 patah kaki dan tangan. Termasuk, 2 bayi dievakuasi karena keluarganya terjangkit campak.

“Orang tua pasien juga dirujuk ke RSUD Agats Kabupaten Asmat dengan menggunakan Kapal milik Polair, Polres Mimika,” jelas Kasubbid Penmas Bidang Humas Polda Papua, AKBP Suryadi Diaz, Jumat, 19 Januari 2018.

Korban yang mayoritas anak-anak, dikatakan Suryadi, akan dilakukan tindakan medis oleh tim medis Satgas terpadu yang dibantu tim kesehatan dari Kabupaten Asmat.

Selain itu, kelompok anak-anak penderita gizi buruk akan diberikan makanan tambahan untuk memulihkan kondisi mereka.

Tim bergerak dari Dermaga Agats pada Jumat (19/1/2018) pukul 06.00 wit. Mereka membawa logistik dan perlengkapan medis untuk didistribusikan kepada masyarakat yang bermukim di Distrik Astj.

Relawan mendapati sejumlah anak-anak maupun orang dewasa mengalami persoalan kesehatan hingga masalah malnutrisi yang harus segera ditangani.

“Kami melakukan evakuasi untuk mendapatkan perawatan medis,” jelas AKBP Suryadi Diaz. (*)