Enam Ponpes Terima Bantuan Bus Sekolah dari Menteri Perhubungan

    


Pemberangkatan bus sekolah, yang dilakukan secara simbolis oleh Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi dan Sujadi, dari Komisi V DPR RI - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kementerian Perhubungan, melalui Direktorat Perhubungan Darat, memberikan bantuan hibah enam buah bus sekolah kepada enam pondok pesantren. Penyerahan bantuan, dilakukan secara simbolis oleh Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, di Ponpes Nuril Anwar, Maron, Loano Purworejo, Sabtu (9/3/2019).

Keenam pondok pesantren penerima bantuan yakni, Ponpes Nuril Anwar, Maron, Loano, Purworejo, Ponpes Mambaul Hikmah, Desa Ketunggeng, Dukuh, Magelang, Ponpes Darussalam, Desa Salam, Magelang, Ponpes Al -Azhar, Parakan, Temanggung, Ponpes Anwarul Falah, Kecamatan Banyuurip, Purworejo, dan Ponpes Fathkhul Muin Ali Mansyur, Desa Bumireja, Mojotengah, Wonosobo.

Selain bus sekolah, dari Kementerian Perhubungan juga memberikan bantuan 219 lampu penerangan jalan umum (PJU), untuk 26 desa di Purworejo.

Menurut Budi Setiyadi, pemberian bantuan bus sekolah, sejalan dengan yang diharapkan Menteri Perhubungan, bahwa di tahun 2019, sesuai perintah presiden, untuk membantu meningkatkan aspek kwalitas SDM.

“Yang kita lakukan, membantu mobilitas santri-santri, dengan memperlancar aspek belajar mengajar,” ujar Budi Setiyadi.

Dalam hal ini, ungkap Budi Setiyadi, dari Kementerian Perhubungan sudah memberikan bantuan 180 bus di tahun 2018, 100 bus di tahun 2019, dan 200 bus untuk tahun 2020. Selain pondok pesantren, bantuan bus juga diberikan untuk beberapa perguruan tinggi dan Pemda, tergantung kebijakan dan yang membutuhkan sekali.

“Dengan pemberian bantuan ini, berarti ikut menjalankan apa yang menjadi kebijakan pemerintah. Meski bantuan bus ini untuk pondok pesantren, namun manakala ada yang membutuhkan, bisa sharing dulu,” pesan Budi Setiyadi.

Dalam kegiatan penyerahan bantuan bus sekolah ini, selain dari Kementerian Perhubungan, juga dihadiri oleh Sujadi, dari Komisi V DPR RI, Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Luhur Pambudi, Sekda Kabupaten Purworejo, Said Romadhon, para perwakilan pondok pesantren penerima bantuan, serta sejumlah tamu undangan.

Kedatangan rombongan Kementerian Perhubungan dan Komisi V DPR RI ini, disambut Gus Hakim, pimpinan Ponpes Nuril Anwar, serta iringan drumband dari PIP (Politeknik Ilmu Pelayaran) Semarang.

Usai penyerahan bantuan, dilanjutkan dengan pemberangkatan bus sekolah, yang dilakukan secara simbolis oleh Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi dan Sujadi, dari Komisi V DPR RI. (Jon)