Duet Gitaris SMPN 2 Purworejo Maju FLS2N Tingkat Nasional

    


Dua Siswa SMP N 2 Purworejo, Yeheskhi Hernanda dan Ivan Alfreda Hernando, meraih juara satu dalam FLS2N SMP tingkat Provinsi Jateng, untuk mata lomba Gitar Duet - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dua gitaris siswa SMP N 2 Purworejo, meraih juara satu dalam FLS2N (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional) SMP tingkat provinsi tahun 2019. Mereka ini, Yeheskhi Hernanda kelas 9C dan Ivan Alfreda Hernando, kelas 9B.

Dalam kejuaraan berjenjang dari Kementerian Pendidikan yang berlangsung selama dua hari, dari Selasa (6/8) hingga Rabu (7/8)
itu, dua gitaris tersebut mewakili Kabupaten Purworejo untuk mata lomba Gitar Duet.

Selain keduanya, grup tari SMP N 2 Purworejo yang beranggotakan Arumsari Kulsum (9A), Shafira Berlianti Soleh (8F), Christina Itasari (9B), Nayla Aquilita Fauziah (8F), dan Nevanda Aurelia Putri (8E), juga mewakili Kabupaten Purworejo di tingkat provinsi untuk mata lomba Kreatifitas Tari.

Grup tari kreasi SMPN 2 Purworejo saat tampil DI FLS2N Tingkat Jawa Tengah - foto: Sujono/Koranjuri.com

Grup tari kreasi SMPN 2 Purworejo saat tampil DI FLS2N Tingkat Jawa Tengah – foto: Sujono/Koranjuri.com

“Dalam FLS2N, ada lima mata lomba, kreativitas tari, kreativitas musik tradisional, gitar duet, menyanyi solo, dan desain poster. Di tingkat provinsi, gitar duet kita meraih juara satu,” ujar Yosiyanti Wahyuningtyas, MPd, Kepala SMP N 2 Purworejo, Kamis (8/8).

Atas prestasinya itu, Yeheskhi dan Ivan mendapatkan hadiah berupa piala, piagam penghargaan, serta sejumlah uang pembinaan. Keduanya juga akan mewakili Provinsi Jateng, maju di FLS2N tingkat nasional untuk mata lomba Gitar Duet, yang akan berlangsung di Banten pada bulan Oktober mendatang.

Menurut Yosiyanti, di sekolah, Yeheskhi dan Ivan mengambil ekstrakurikuler musik. Prestasi yang diraih dua anak didiknya itu, berkat bimbingan Roby Handoyo selaku pelatih. Menjelang perlombaannya itu, kedua siswa tersebut berlatih secara intensif.

“Prestasi ini, bisa memberikan motivasi bagi adik-adiknya. Ternyata, berprestasi itu bisa, asal ada kemauan sungguh-sungguh,” kata Yosiyanti.

Lebih jauh Yosiyanti menjelaskan, sebagai sekolah unggulan, banyak prestasi yang diraih siswa SMP N 2 Purworejo, baik dari akademik maupun non akademik.

Pada akhir Juli lalu, beberapa siswa SMP N 2 Purworejo menerima penghargaan dan beasiswa dari Bupati Purworejo, Rp 5 juta untuk Juara 1 Provinsi dan Rp 8 juta rupiah untuk beregu. Mereka ini, Nursyifa Hapsari, kelas 9A, juara 1 Popda panahan tingkat propinsi, Endah Putri Setyowati, kelas 9A, juara tenis meja Piala Gubernur, Rani Safitri, kelas 8A, juara 1 Popda panahan tingkat propinsi, serta
Ahmad Bagus, kelas 7F, juara tenis meja Piala Gubernur.

“Kita selalu memberikan motivasi bagi siswa untuk terus berprestasi, baik akademik maupun non akademik,” pungkas Yosiyanti. (Jon)