Dua Kampung KB di Purworejo Diresmikan

    


Sekda Kabupaten Purworejo, Said Romadhon, saat meresmikan kampung KB di Grantung, Bayan, dengan disaksikan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jateng, Wagino, Kepala Dinsosduk KBPPPA Kabupaten Purworejo Kuswantoro, serta jajaran Forkopimda, Senin (23/7) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sekda Kabupaten Purworejo, Said Romadhon, secara resmi mencanangkan dua kampung KB di wilayah Kecamatan Bayan, yakni Desa Grantung dan Botodaleman, Senin (23/7), yang dipusatkan di Desa Grantung.

Peresmian kampung KB yang ke 23 dan 24 ini, ditandai dengan pemukulan bedug dan pemotongan pita oleh Said Romadhon, dengan disaksikan Kepala Dinsosduk KBPPPA Kabupaten Purworejo, Kuswantoro, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jateng, Wagino, jakaran Forkopimda, serta segenap tamu undangan.

Dalam kesempatan tersebut, Said Romadhon yang membacakan sambutan Bupati Purworejo menyampaikan, bahwa keberadaan Kampung KB, bukan saja untuk menyukseskan program Keluarga Berencana, namun juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yang menjadi sasaran pembentukan kampung KB.

“Dalam kampung KB telah disusun perencanaan pembangunan yang meliputi kesehatan, pendidikan dan sosial kemasyarakatan untuk dapat mewujudkan peningkatan kesejahteraan,” jelas Said Romadhon.

Di kampung KB, terang sekda, juga akan dilakukan optimalisasi semua perangkat dan institusi masyarakat yang ada, selain pembangunan sarana dan prasarana.

Dan program pembinaan Kampung KB, dilakukan secara terus menerus dengan menggandeng seluruh komponen yang ada, dengan harapan jika di wilayah tersebut ada permasalahan maka akan mudah dibantu oleh dinas instansi terkait.

Dalam kesempatan tersebut, Said Romadhon juga mengkampanyekan Gemarikan. Dijelaskan, bahwa program tersebut menjadi salah satu terobosan yang diharapkan mempunyai dampak sangat baik di masa mendatang, terutama untuk meningkatkan konsumsi ikan di tengah masyarakat.

“Ikan yang mempunyai kandungan gizi dan mineral yang lengkap, sangat berguna bagi anak-anak maupun orang dewasa.
Apalagi potensi perikanan dan kelautan di Kabupaten Purworejo sangat besar, sehingga tidak berlebihan kalau pada kesempatan yang baik ini, saya minta kepada para orangtua, untuk menyiapkan lauk ikan sebagai lauk utama setiap hari,” ujar Sekda Kabupaten Purworejo di hadapan para tamu undangan.

Menurut Kepala Dinsosduk KBPPPA Kabupaten Purworejo, Kuswantoro, yang didampingi Kabid KB, Saroni, dan Made Sri Wardani, selaku Kasi Advokasi, Informasi dan Edukasi, dari peresmian Kampung KB ini, ada seratus lebih peserta akseptor KB yang sudah terserap. Sementara untuk peserta Gemarikan, mencapai 150 orang, dari tim penggerak PKK kabupaten.

“Selain pelayanan KB, disini juga ada pelayanan administrasi kependudukan dari catatan sipil, seperti kartu keluarga, KTP, dan akte kelahiran,” terang Made Sri Wardani. (Jon)