Drama Kolosal Meriahkan Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-72

    


Persembahan drama kolosal Lahirnya Kota Purworejo dari Kodim 0708 Purworejo, meriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 72 di alun-alun Kutoarjo, Kamis (17/8) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke 72 tingkat Kabupaten Purworejo, berlangsung di alun-alun Kutoarjo, Kamis (17/17), dengan inspektur upacara, Bupati Purworejo Agus Bastian.

Dalam upacara yang berlangsung khidmat tersebut, juga ada pemberian Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya dari Presiden Jokowi, kepada 15 PNS yang telah mengabdi pada negara tanpa cacat, dengan masa pengabdian 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun, yang diberikan oleh Bupati Agus Bastian.

Usai upacara, ada persembahan drama kolosal dari Kodim 0708 Purworejo, yang bekerjasama dengan karang taruna Gema Tiara, Mranti. Drama kolosal dengan jumlah pemain 80 orang itu, berlangsung meriah, dan mampu menarik perhatian masyarakat.

“Drama berjudul Lahirnya Kota Purworejo. Ada tiga adegan dalam drama kolosal ini,” jelas Sri Kawan Jiapri, SPd, selaku penulis dan sutradara.

Adegan pertama, jelas Sri, menampilkan slide tentang Purworejo dengan berbagai potensi keunggulannya, antara lain, durian, manggis, clorot dan geblek. Adegan kedua, menampilkan tentang legenda Nyi Bagelen. Dan adegan ketiga, berisi tentang Perang Jawa, dengan menampilkan sosok pahlawan P. Diponegoro.

“Sebagai penanggungjawab dari drama kolosal ini, Dandim Purworejo, Letkol Inf Aswin Kartawijaya. Para pemainnya, dari personil Kodim dan karangtaruna Gema Tiara,” jelas Sri Kawan Jiapri. (Jon)