Ditlantas Polda Jateng Tetapkan Desa Sidomulyo Jadi Kampung Tertib Lalu Lintas

    


Kompol Parno, memberikan piagam penghargaan kepada Kepala Desa Sidomulyo, Setiyono Hadi, atas terpilihnya Desa Sidomulyo sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas, Kamis (15/11) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Desa Sidomulyo, Kecamatan/Kabupaten Purworejo, terpilih menjadi Kampung Tertib Lalu Lintas. Terpilihnya Desa Sidomulyo, menbuat desa ini menjadi pilot project Kampung Tertib Lalu Lintas di Purworejo.

Keberadaan Desa Sidomulyo sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas, mendapat penilaian dari Ditlantas Polda Jateng, yang ditandai dengan kedatangan tim penilai Kampung Tertib Lalu Lintas yang diketuai Kompol Parno pada Kamis (15/11) siang.

“Sebagai bentuk apresiasi, dari Dirlantas Polda Jateng memberikan piagam penghargaan kepada Desa Sidomulyo sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas,” ujar Kompol Parno.

Dijelaskan oleh Parno, bahwa di tiap kabupaten, didirikan Kampung Tertib Lalu Lintas. Kampung ini mendapat penilaian dari Ditlantas Polda Jateng. Dari semua daerah di Jateng, nantinya akan dipilih tiga Kampung Tertib Lalu Lintas terbaik, yang akan maju ke tingkat nasional.

“Tujuan dari keberadaan Kampung Tertib Lalu Lintas ini, untuk memberikan kesadaran pada masyarakat, akan pentingnya keselamatan berlalulintas, sehingga bisa menekan angka laka lantas,” ungkap Parno.

Itulah kenapa, kata Parno, di Kampung Tertib Lalu Lintas dilengkapi dengan tempat baca, safety riding, ruang edukasi dan konsolidasi, balai Kampung Tertib Lalu Lintas, papan-papan himbauan, dan gapura, yang juga menjadi bagian dari penilaian.

Diharapkan, terang Parno, dengan kesadaran masyarakatnya akan pentingnya keselamatan berlalu lintas, bisa dijadikan contoh, atau ditiru desa-desa lainnya, sehingga bisa menekan angka laka lantas.

“Tiap hari, 100 kejadian lakalantas terjadi di Indonesia. Inilah salah satu alasannya, kenapa Kampung Tertib Lalu Lintas ini didirikan,” kata Parno.

Menurut Kasatlantas Polres Purworejo, AKP Nyi Ayu Fitria Facha, dipilihnya Desa Sidomulyo sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas, karena kesadaran masyarakat desa ini akan ketertiban berlalulintas cukup tinggi.

“Desa ini menjadi pilot project, dipilih dari beberapa desa, setelah melalui survey beberapa bulan sebelumnya,” jelas Nyi Ayu. (Jon)