Diskusi Ngudarasa Usaha Rumahan dan Ekonomi Digital

    


Diskusi 'ngudarasa' usaha rumahan dan ekonomi digital - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Radio Land Gapura Pasar Klewer bersama SPEK-HAM dan Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI), Selasa malam (22/10/19) menggelar acara nguda rasa dengan tajuk ‘Usaha Rumahan Dan Ekonomi Digital ‘ bersama narasumber, Daryono S.E, dari Dinas Koperasi Dan UKM Kota Surakarta Zakaria, S.E selaku pegiat penanggulangan kemiskinan.

Diskusi diselenggarakan dalam rangka menghadapi perkembangan teknologi era digital yang telah maju dan membuka ruang usaha ekonomi secara mudah.

“Sehingga memudahkan siapapun membuka peluang usaha,” terang Lusi Caritas dari Radio Land Gapura Pasar Klewer.

Lusi menambahkan, tak terkecuali bagi perempuan, juga bisa membuka peluang usaha dan memperluas usaha rumahan yang dirintis cukup dari rumah.

Dalam paparannya, Daryono menyampaikan, di era digital, suka tidak suka, harus dihadapi.

Selama ini diakui oleh Daryono, Pemkot Surakarta telah memfasilitasi kerjasama pelaku UMKM dengan GO-JEK. Lebih dari 200 pelaku UMKM yang ada di Pasar Ngarsopuro sudah menggunakan GO-PAY. Sehingga saat bertransaksi cukup menggunakan barcode.

Sedangkan terkait masalah penanggulangan kemiskinan, Zakaria mengatakan, sumber ekonomi rumahan yang digarap melalui teknologi digital akan membantu percepatan penanggulangan kemiskinan.

Hanya saja, teknologi digital tidaklah cukup jika tidak didukung jaringan antar pelaku UMKM maupun mitra strategis yang mendukung kerjasama.

Sementara itu, mewakili komunitas perempuan, Supadmin dari SPEK-HAM berharap, Pemerintah Kota Surakarta memfasilitasi usaha rumahan agar terhubung dengan market digital seperti, memberikan pelatihan penggunaan platform digital sehingga benar benar bermanfaat dan produktif. (JK)