Dishub Bali Prediksi Puncak Mudik di Pelabuhan Gilimanuk H-3

    


Dermaga Tongkang di pelabuhan Gilimanuk/Ilustrasi - foto: Wahyu Siswadi/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dinas Perhubungan Bali memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2016 di Pelabuhan Gilimanuk terjadi pada H-3 dengan jumlah penumpang diperkirakan mencapai 46.460. Jumlah itu didominasi kendaraan roda dua sebanyak 13.056 dan kendaraan roda empat 5.823 unit.

Sedangkan pemudik melalui Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar diprediksi puncaknya akan terjadi pada H-2 dengan perkiraan jumlah penumpang sebanyak 16.401 orang yang diangkut oleh 116 pesawat.

“Puncak melalui Pelabuhan Padangbai diperkirakan lebih awal, pada H-6 dengan jumlah penumpang sekitar 6.622 orang,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Bali, I Ketut Artika.

Terkait dengan kesiapan armada angkutan lebaran, menurut Artika, dari posko terminal Mengwi dan Ubung, kapasitas seat tersedia per hari sebanyak 7.392 dari 289 unit bus. Jumlah angkutan penyeberangan di pelabuhan Gilimanuk per hari disediakan 36 kapal dengan 264 trip.

“Jika kondisi sangat padat, pola operasi akan non jadwal penumpang lanjutan. Kendaraan roda umum dan roda jadi prioritas,” ujar Artika.

Sementara, dari bandara Ngurah Rai Bali dengan rute domestik setiap harinya akan dilayani oleh 11 maskapai dan 21 maskapai untuk tujuan internasional. Operator penerbangan domestik menyediakan 1.518 penerbangan berjadwal dan 57 ekstra flight. Penerbangan internasional sebanyak 978 flight berjadwal dan 2 ekstra flight.

Dishub Bali memberikan himbauan agar mudik tahun dilakukan dengan aman untuk menekan angka kecelakaan. “Kami himbau khususnya pemudik motor agar tidak membawa anak yang masih balita. Ini demi keselamatan,” ujar Ketut Artika.
 
 
Way