Diresmikan Hari Ini, Underpass Ngurah Rai Langsung Dibuka untuk Umum

    


Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai secara resmi dibuka hari ini, Sabtu, 22 September 2018, pukul 11.00 wita. Pembukaan bertepatan dengan peresmian yang dilakukan oleh Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan.

Untuk pembukaan pertama hanya satu jalur, dengan akses dari Sanur menuju Nusa Dua. Selanjutnya akan dibuka seluruhnya dari dua lajur yang ada.

“Jadi kalau ini sudah dibuka dampaknya luar biasa,” jelas Luhut usai meresmikan Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai, Sabtu, 22 September 2018.

Luhut menambahkan, pemerintah mendorong tumbuhnya proyek strategis di Bali. Pbangunan infrastruktur jalan mulai tol hingga bandara baru di Buleleng agar terlaksana. Mengingat, penumpukan wisatawan di Bali sampai saat ini berada di wilayah Bali Selatan.

“Soal bandara baru maupun infrastruktur lainnya harus dibuat, hanya masalah skedulnya, soal waktunya, itu saja yang baru disusun,” ujarnya.

Bupati Kabupaten Badung, Nyoman Giriprasta menambahkan, pembangunan Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai akan memberikan dampak signifikan terhadap kenyamanan kepariwisataan di Bali. Menurutnya, Badung memiliki andil dalam pembebasan lahan untuk proyek tersebut.

“Badung memiliki sharing dalam pembebasan lahan. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi Widodo melalui menteri PUPR yang telah memmbangun underpass ini,” jelas Nyoman Giriprasta.

Proyek underpass Ngurah Rai dibangun untuk mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas hingga 0,4 persen. Hasil studi kelayakan yang dilakukan, tingkat kepadatan lalu lintas di area bandara Ngurah Rai itu mencapai 0,9 persen.

Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai menghubungkan akses dari Sanur-Nusa Dua dan Nusa Dua-Sanur.

PPK Underpass Simpang Ngurai Rai, Nyoman Yasmara mengatakan, hasil feasibility study (FS) menjelaskan tingkat kejenuhan lalu lintas di area itu mencapai 0,9 persen.

Proyek senilai Rp 168 milyar itu dikerjakan dalam 4 zona. Zona pertama berada di bundaran patung Ngurah Rai, zona kedua yakni di sisi selatan yang berada di wilayah yang berdekatan dengan runway Bandara Ngurah Rai. (Way)