Dinsosduk KBPPPA Purworejo Sosialisasikan KB di Event Grebeg Pasar

    


Kepala Dinsosduk KBPPPA Kabupaten Purworejo, dr Kuswantoro, M.Kes, saat mengunjungi para pedagang di Pasar Monggo Mampir, Banyuurip, dalam kegiatan Grebeg Pasar, Minggu (31/3) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bertempat di Pasar Monggo Mampir, Desa Sumbersari, Banyuurip, Dinas Sosial Kependudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Purworejo, (Dinsosduk KBPPPA), Minggu (31/3/2019), menggelar Gerakan Pemberdayaan Ekonomi Pas Sasaran (Grebeg Pasar).

Grebeg Pasar ini, dipimpin langsung oleh Kepala Dinsosduk KBPPPA, dr Kuswantoro, M.Kes, dan dihadiri oleh Forkopimca Banyuurip, serta segenap tamu undangan. Dalam kesempatan tersebut, Kuswantoro mengunjungi para pedagang di Pasar Monggo Mampir, yang menyediakan aneka kuliner khas Purworejo.

“Dengan Grebeg Pasar, selain mensosialisasikan tentang program KB, kita juga sampaikan tentang KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi),” jelas Kuswantoro, usai menemui para pedagang.

Dengan KIE, kata Kuswantoro, juga disampaikan adanya program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga), serta program tentang 8 fungsi keluarga, yakni, fungsi agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan.

Kuswantoro berharap, Grebeg Pasar ini didukung semua sektor terkait, baik tingkat desa, kecamatan, maupun kabupaten, sehingga elemen-elemen pendidikan dalam keluarga, baik masalah kesehatan, keluarga berencana, pendidikan, keagamaan, sosial budaya, narkoba, bisa saling bersinergis. Semua akan membangun keluarga ini, sesuai sektor masing-masing, untuk pendidikan keluarga.

“Sehingga terbentuk keluarga yang tangguh, dan di masa mendatang, bisa menciptakan generasi yang berkualitas, menguasai ilmu, teknologi, namun dilandasi dengan keagamaan dan budaya Indonesia yang kuat. Sehingga jika ada pengaruh budaya asing, dari tingkat keluarga ini sudah bisa menangkalnya,” kata Kuswantoro.

Kegiatan Grebeg Pasar ini makin meriah dengan adanya lomba fotografi dengan tema Keluarga Terencana, dan hiburan dolalak putri Arum Sari dari Desa Brenggong, Purworejo. (Jon)