Dinperinaker Kabupaten Purworejo Launching Aplikasi Si EPI

    


Kepala Dinperinaker Kabupaten Purworejo, Gathot Suprapto, SH, didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Purworejo, Ny. Riri Fatimah Verena Prihastyari, dalam launching aplikasi Si EPI, Rabu (2/10) - foto: Sujono/Koranjuri.com

LKORANJURI.COM – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Purworejo, melaunching aplikasi Si EPI (Sistem Informasi Edukasi dan Promosi IKM). Launching dilakukan secara simbolis oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Purworejo, Ny. Riri Fatimah Verena Prihastyari, Rabu (2/10).

Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan peserta dari IKM (Industri Kecil Menengah) yang ada di Kabupaten Purworejo, BUMN, BUMD, perbankan, pengurus Dekranasda, serta OPD terkait.

Menurut Kepala Dinperinaker Kabupaten Purworejo, Gathot Suprapto, SH, dengan aplikasi Si EPI ini, bertujuan untuk lebih meningkatkan kualitas IKM yang ada di Kabupaten Purworejo. Di sini, ada forum komunikasi yang berisi informasi, ada pembelajaran untuk tanya jawab dengan ahlinya, juga informasi yang berkaitan dengan event-event pameran, juga berita-berita tentang IKM.

“Juga promosi. IKM bisa menampilkan produknya disini untuk dipromosikan, disertai dengan harga, juga no telepon/hp yang bisa dihubungi,” ujar Gathot, Kamis (3/10).

Dalam kesempatan tersebut, selain peluncuran Si EPI, kata Gathot, juga sekaligus sosialisasi aplikasi tersebut, yang dibuat dalam versi web dan android. Setelah disosialisasikan, minimal para pelaku IKM bisa tahu dan membuka aplikasi ini. Lantas, bagaimana caranya IKM bisa memanfaatkan aplikasi ini, supaya produknya bisa ditampilkan?

Tahap pertama, ungkap Gathot, dengan membuka web www.ikmpurworejo.com. setelah dibuka, maka akan ada tampilan Si EPI. Setelah itu, pelaku IKM bisa menghubungi admin, untuk bisa menampilkan produknya di website ini. Setelah produk ditampilkan, maka secara otomatis akan mengarah ke penjualan.

Intinya, menurut Gathot, Si EPI ini menyajikan data, informasi, edukasi, dan sarana promosi bagi Industri Kecil dan Menengah yang ada di Kabupaten yang. Fasilitas gratis ini, bisa dimanfaatkan para pelaku IKM yang ada di Kabupaten Purworejo.

Gathot berharap, dengan diluncurkannya aplikasi Si EPI ini, para pelaku IKM di Purworejo tidak gaptek, produk mereka lebih dikenal, bisa berkomunikasi/konsultasi, dan tidak ketinggalan informasi yang disampaikan secara online.

“Semua ini, untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0, dimana kebutuhan informasi tidak lagi disajikan secara manual, tapi terintegrasi dengan sistem. Nantinya, akan kita sinkronkan dengan market place, Shopee, Bukalapak, atau semacamnya. Ini yang terus kita kembangkan,” pungkas Gathot. (Jon)