Dinas Arsip dan Perpustakaan Purworejo Kembangkan Perpustakaan Wisata

    


Kegiatan Perpustakaan Wisata di Goa Seplawan, Kaligesing - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo terus mengembangkan Perpustakaan Wisata. Akhir Mei lalu, kegiatan ini dilakukan di lokasi wisata Goa Seplawan, Kaligesing.

Dalam kegiatan tersebut, diikuti para pelajar dari sekolah terdekat, SD dan MTs. Mereka belajar mengenal lebih jauh tentang keperpustakaan dan segala kegiatannya.

“Kegiatan disini, tak hanya baca dan pinjam buku saja. Tapi lebih dari itu,” ujar Tri Joko Pranoto, SSos, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo, Jum’at (8/6).

Dalam kegiatan Perpustakaan Wisata yang dilaksanakan sehari penuh itu, para pelajar juga diberikan pelatihan fotografi, merajut, melukis, dan merangkai mahar.

Kata Tri Joko, khusus mengenai fotografi, dimaksudkan supaya para pelajar tidak gaptek dalam menyambut era globalisasi.

“Kita juga ada pelatihan-pelatihan, yang bersumber dari buku. Apa yang dibaca, dipraktekkan,” terang Tri Joko.

Pelatihan itu, merangkai janur, merangkai mahar, pranoto coro, dan merias. Pesertanya, dari masyarakat anggota komunitas perpustakaan, yang tersebar di 17 desa binaan.

Hasil dari pelatihan tersebut, kata Tri Joko, nantinya akan dinilai dalam kemasan sebuah pagelaran hajat besar.

“Para peserta akan ambil bagian dalam setiap tahapan acara pagelaran, sesuai tugas masing-masing. Nah, dari situ penilaian dilakukan,” pungkas Tri Joko. (Jon)