Digelar Sederhana, Puncak HUT Ke-37 SMPN 3 Denpasar Berlangsung Meriah

    


Kepala SMP Negeri 3 Denpasar, I Wayan Murdana, S.Pd., M.Psi , berbaur dalam kemeriahan HUT sekolah ke-37 - foto: Wahyu Siswadi/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – HUT ke-37 SMP Negeri 3 Denpasar, 1 April 2016, dimaknai sebagai langkah maju untuk mencapai prestasi tinggi. Kepala SMP Negeri 3 Denpasar, I Wayan Murdhana, S.Pd., M.Psi, mengatakan, rangkaian acara sebelum kegiatan puncak sudah berlangsung sejak sebulan sebelumnya. Pihak sekolah mengadakan berbagai kegiatan lomba sains, seni dan olahraga tingkat SD se-Kota Denpasar.

Hal itu sekaligus dipergunakan untuk mendapatkan semacam acuan untuk menyeleksi siswa berprestasi yang nantinya diharapkan bakal menjadi siswa di sekolah tersebut.

“Rangkaian kegiatannya cukup banyak. Sebagai acara puncak, bagi para pemenang lomba hari ini menerima piala dan piagam penghargaan,” jelas Murdhana, Sabtu, 1 April 2016.

Perayaan HUT sekolah yang berlangsung sederhana itu, mengeksplorasi kemampuan dan bakat siswa di bidang seni dan skill. Pidato dalam Bahasa Inggris menjadi salah satu penampilan yang cukup memukau perhatian warga sekolah yang sejak pagi terlihat antusias merayakan hari jadi sekolah.

Pada Kompetisi Inovator Cilik (KIC) II diikuti sepuluh kontestan. Mereka diberikan materi membuat poster dengan menggunakan Microsoft Power Point. Karya dari setiap peserta diuji oleh juri untuk presentasi yang dipaparkan. Kemudian, enam finalis yang terpilih diberikan kesempatan memamerkan karya poster mereka di Aula SMP Negeri 3 Denpasar.

Acara pamuncak pun, menjadi sangat heboh dengan hiburan tarian pergaulan joged bumbung yang mengajak pengunjung ikut menari bersama sang penari.

Sementara, tema yang diangkat pada hari jadi SMP Negeri 3 Denpasar yakni ‘Melalui HUT Ke-37 SMP Negeri 3 Denpasar Kita Tingkatkan Semangat Perjuangan Untuk Mewujudkan Insan yang Cerdas, Berbudaya dan Berkarakter’. Menurut Murdhana, tema tersebut mengandung petikan bahwa sekolah menjadi tempat siswa mengasah intelektualitas yang berlandaskan budaya.

“Tujuan dari pendidikan selain cerdas dan berbudaya yakni memiliki karakter kuat sebagai individu yang bermanfaat bagi lingkungan sosialnya. Karakter disini punya peran penting di segala bidang,” ujar Murdhana.

Selama ini, SMP Negeri 3 Denpasar juga dikenal sebagai gudangnya peneliti muda. Banyak pihak menyebut, prestasi penelitian di sekolah itu menjadi ciri khas selain pendidikan karakter yang dikembangkan.
 
 
way

Hits: 3