Di Tengah Liburan, Warga Serbu Layanan Pembuatan Paspor di Monas

    


Ronnie F. Sompie bersama Wagub DKI Sandiaga Uno dan Menteri Yasona Laoli - foto: Bob/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Permohonan pembuatan paspor dalam layanan simpatik, yang digelardi Monumen Nasional (Monas) diserbu warga sejak pagi.

Pelayanan jemput bola pada hari libur tersebut dalam rangkaian acara Festival Keimigrasian 2018.

“Pelayanan paspor untuk hari ini adalah yang keempat. Artinya, minggu keempat kami laksanakan dalam rangka bakti keimigrasian dengan kuota 1600,” ujar Direktur Jenderal Imigrasi KemenKumHam, Ronny F. Sompie mengatakan, Minggu, 21 Januari 2018.

“Antusiasme masyarakat Jakarta cukup banyak. Mereka sejak jam 5 pagi sudah antri. Informasi sekarang sekitar 2.000,” lanjut mantan Kapolda Bali ini.

Membludaknya pembuatan paspor di hari libur, kata Ronny, melebihi kuota yang ditentukan. Tercatat, sekitar 2 ribu orang telah mengajukan permohonan paspor dari 1.600 kuota yang disediakan Ditjen Imigrasi.

Selain Jakarta, pelayanan paspor juga diikuti kantor pelayanan Depok, Bekasi dan Tangerang.

“Kami akan mencari solusi apabila kuota tidak menampung kebutuhan masyarakat, kami akan cari solusi bersama Direktur lalulintas keimigrasian,” ujarnya.

Ronny menambahkan, pelayanan paspor pada hari libur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tidak dapat menikmati pelayanan pada hari kerja. Biaya pembuatan paspor sebesar Rp 655.000.

Layanan pembuatan paspor di Monas dimulai dari pukul 08:00 hingga pukul 15:00 wib. Warga yang akan membuat paspor diminta melengkapi administrasi berupa kartu tanda penduduk, Kartu Keluarga, akta lahir dan dokumen lain. (YT)