Desa Bandungrejo Terima Bantuan Mesin Pengolah Sampah

    


Anggota Komisi X DPR RI, Bambang Sutrisno (ketiga dari kanan), saat menyerahkan bantuan mesin pengolah sampah terpadu bagi masyarakat Desa Bandungrejo, Bayan, Purworejo, Senin (26/8) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Masyarakat Desa Bandungrejo, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, terima bantuan mesin pengolah sampah terpadu dari Komisi X DPR RI. Serah terima dilakukan Senin (26/8), dari Bambang Sutrisno, selaku anggota Komisi X DPR RI, kepada Maman, Kepala Desa Bandungrejo, di aula desa setempat.

Bantuan mesin pengolah sampah ini, melalui Program Penerapan Teknologi Tepat Guna (PPTG) dari
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, yang bekerjasama dengan ITY (Institut Teknologi Yogyakarta).

“Permasalahan sampah, kalau tidak ditangani secara serius, akan menjadi sebuah masalah besar,” ujar Bambang Sutrisno usai serah terima.

Sebagai seorang arsitek, Bambang Sutrisno membayangkan, bagaimana ketika seorang merencanakan membangun rumah, tanpa adanya tempat untuk sampah. Tentunya akan menjadi masalah dengan rumah tangga lainnya. Itu baru dalam lingkungan kecil.

“Kita berharap, dengan bantuan mesin pengolah sampah terpadu ini, penanganan masalah sampah di Desa Bandungrejo khususnya bisa tertangani dengan baik. Jangan sampai mangkrak,” ujar Bambang Sutrisno berpesan.

Dalam kesempatan tersebut, Rosiana Indarwati, selaku Ketua Tim Pengusul, merasa terharu, melihat antusias warga Bandungrejo saat menerima bantuan mesin pengolah sampah terpadu tersebut.

Menurutnya, di Purworejo sendiri, penanganan soal sampah sudah bagus. Tapi akan lebih bagus lagi jika didukung dengan teknologi tepat guna untuk masyarakat.

“Dengan mesin pengolah sampah terpadu ini, sampah bisa didaur ulang dan memiliki nilai ekonomi tinggi,” ujar Rosiana.

Mesin yang diserahkan ini, kata Rosiana, meliputi satu unit mesin pencacah plastik, mesin pengayakan, mesin pencacah organik, serta 20 set tempat sampah terpilah, dan 20 set pengolahan sampah.

“Setelah ini, akan ada pelatihan untuk pengoperasian mesin ini,” kata Rosiana.

Dalam kesempatan tersebut, juga ada pemberian bantuan untuk pembangunan gedung pengolahan sampah, serta bantuan bola untuk karang taruna setempat, Muda Jaya, yang diterima oleh ketuanya, Edi Resmanto. (Jon)