Denpasar Masuk 10 Kota Terbaik Wonderful Indonesia Tourism Awards

    


Wawali Kota Denpasar IGN. Jaya Negara (dua dari kanan) menerima penghargaan ‘Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards (YWITA) 2018’, Jumat malam, (20/7/2018) di Kantor Kemenpar RI, di Jakarta - foto: Ari Wulandari/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kota Denpasar berhasil menyabet dua penghargaan terbaik pada penganugerahan ‘Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards (YWITA) 2018’.

Penghargaan diserahkan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata RI, di Jakarta. Denpasar berhasil mengungguli kota-kota besar lainnya dari 34 Kota/Kabupaten Provinsi yang ada di Indonesia.

Sebagai jantungnya Pulau Bali, Denpasar meraih penghargaan 10 Kota Terbaik Nasional dan sebagai Kabupaten/Kota Terbaik di Provinsi Bali dalam performansi, inovasi dan komitmen membangun pariwisata daerah.

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya bersama Staf Ahli Aparatur dan Pelayanan Publik Kemendagri, Dr. Reydonnyzar Moenek yang diterima Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara.

Menpar Arief Yahya mengatakan, penghargaan ini memiliki makna pada unsur 3C yaitu calibration (kalibrasi), confidence (kepercayaan diri) dan credibility (kredibilitas).

“Ini bisa dijadikan sebagai tolok ukur bahwa para pemenang dalam ajang ini dimana sadar wisata dan komitmen kabupaten kota dalam program sustainable tourism development di daerahnya masing-masing,” ungkapnya.

Ketua dewan juri YWITA 2018, Didien Junaedi mengatakan, ada 4 indikator antara lain penghargaan internasional dan nasional. Untuk penghargaan nasional diantaranya, memasukkan award ISTA (Indonesia Sustainable Tourism Award) yang diselenggarakan oleh Kemenpar.

“Indikator penilaian masing-masing memiliki bobot berbeda. Pertama, kinerja usaha pariwisata (akomodasi dan makan minum), PDRB dan tenagakerja, dampak/outcome serta Data Statistik BPS dengan bobot 40%. Kedua, Indeks Pariwisata Indonesia: daya saing 30%. Ketiga, Indonesia’s Attractiveness Award: dimensi pariwisata 15%, dan Keempat; Penghargaan Internasional dan Nasional (Kementerian/Lembaga) 15%,” ujarnya.

Sementara Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara merasa bangga dan senang atas penghargaan yang diraih Kota Denpasar di ajang bergengsi ini. Hal ini tak lepas dari dukungan seluruh stakeholder pariwisata di Kota Denpasar.

10 kota terbaik nasional ditempati oleh Kota Denpasar, Surabaya, Bandung, Semarang, Batam, Yogyakarta, Padang, Makassar, Balikpapan dan Palembang. (ari)