Dengan Las, Warga Peru Bobol ATM di Toko Swalayan

    


Ketiga pelaku pembobol ATM di toko swalayan yang merupakan warga negara Peru, akhirnya ditangkap setelah diburu hingga ke Sidoarjo dan Jakarta - foto: Suyanto

KORANJURI.COM – Warga asing pembobol ATM dan swalayan Indomart berhasil ditangkap di Jakarta dan dibawa ke Denpasar. Penangkapan itu melibatkan dua kepolisian di wilayah Polresta Denpasar dan Polres Sidoarjo, Jawa Timur.

“Sasarannya ATM di dalam toko swalayan. Selama menjalankan aksinya kelompok ini berhasil membobol mesin ATM dan membawa kabur uang ratusan juta,” jelas Wakapolresta Denpasar, AKBP I Nyoman Artana, Kamis, 5 Januari 2017.

Dari informasi yang didapat, pelaku berada di Jakarta. Dengan dibantu Resmob Polda Metro Jaya, dua pelaku bernama Roberto Castro de La Cuba (35) dan Jose William Salazar Ortiz (38) berhasil ditangkap. Semuanya berasal dari negara Peru.

Sedangkan satu pelaku lagi bernama Frankho Pizarro Solano (29) berada di Sidoarjo, Jawa Timur. “Ketiganya berhasil ditangkap, dua di Jakarta dan satu orang di Sidoarjo. Satu pelaku lain yang merupakan warga lokal masih kita cari,” tambah Artana.

Setiap kali menjalankan aksinya, kawanan perampok lintas negara ini membobol swalayan dengan menggunakan alat las. Dua pelaku membongkar pintu harmonika toko swalayan sedangkan satu orang berjaga di luar.

Selama beroperasi mereka berhasil menggondol uang senilai hampir Rp 500 juta dari mesin ATM yang berada di swalayan Indomart Denpasar dan Sidoarjo, Jawa Timur.

“Uang hasil kejahatan mereka gunakan untuk foya-foya di tempat hiburan malam,” jelas Artana.
 
 
Yan