Demokrasi Pemilihan Ketua OSIS SMK Batik Purworejo

    


KORANJURI.COM – Nada Adaffa Larasati Devi, siswa kelas XI RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), akhirnya terpilih sebagai Ketua OSIS SMK Batik Perbaik Purworejo tahun 2018/2019. Nada memperoleh suara terbanyak, 236 suara, mengalahkan empat kandidat lainnya, dalam pemilihan ketua OSIS SMK Batik Perbaik, Sabtu (27/10).

Suara kedua terbanyak diraih Atika Aprilia Jali, siswa kelas XI OTKP 2 (Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran). Dia meraih 219 suara, dan berhak menjadi wakil ketua OSIS. Urutan ketiga, dipegang Adhik Nova Surya Romadhon, siswa kelas X RPL ( Rekayasa Perangkat Lunak), yang memperoleh 92 suara. Atika ditetapkan sebagai sekretaris.

Suara terbanyak keempat, diraih Seva Nirmala Hadijah, siswa kelas XI Akuntansi 1, dengan perolehan 55 suara. Seva ditetapkan sebagai bendahara. Dan peringkat suara kelima, diraih Sofi Hana Maulidina, siswa kelas X Akuntansi 2, yang memperoleh 41 suara. Sofi pun dijadikan ketua bidang.

Menurut A Mujahidin Tsani, pembina OSIS SMK Batik Purworejo, pada pemilihan ketua OSIS kali ini, pihaknya melaksanakannya seperti pemilu. Tahapan yang dilaluinya juga sama, yakni, ada penyampaian visi misi, masa kampanye, tim sukses, dan pencoblosan.

“Kita menggunakan perangkat dan peralatan dari KPU. Tujuannya, melatih siswa berdemokrasi, dengan memilih secara benar dan sesuai aturan,” ujar Tsani, laki-laki ini akrab disapa.

Dalam hal ini, pihak sekolah juga mengundang petugas dari Bawaslu Kabupaten Purworejo, untuk mengawasi jalannya proses pemilihan. Tujuannya, kata Tsani, untuk memberikan pelajaran, bagaimana berdemokrasi yang baik dan benar.

Ada sekitar 850 pemilih yang menggunakan hak pilihnya, terdiri dari para siswa dan dewan guru. Proses pemilihan diawali dengan pendaftaran pemilih, pemberian kartu suara yang berisi gambar lima kandidat, pencoblosan di bilik suara, memasukkan kertas suara ke kotak suara, serta pencelupan jari ke tinta. Pemilihan diakhiri dengan penghitungan suara, yang disaksikan para saksi.

Lima kandidat calon ketua OSIS SMK Batik Purworejo tengah berorasi menyampaikan visi misinya - foto: Sujono/Koranjuri.com

Lima kandidat calon ketua OSIS SMK Batik Purworejo tengah berorasi menyampaikan visi misinya – foto: Sujono/Koranjuri.com

“Harapannya, siswa memahami cara berdemokrasi yang baik dan benar, sesuai aturan yang berlaku. Sehingga ketika mereka nanti menggunakan hak pilihnya dalam pemilu yang sebenarnya, sudah tahu apa yang harus dilakukan,” terang Tsani.

Menurut pengamatan Nurwantoro, perwakilan Bawaslu Kabupaten Purworejo yang ikut mengawasi jalannya pemilihan Ketua OSIS tersebut, tahapan dan tata cara pemilihan sudah sesuai prosedur. Kegiatan tersebut, menurutnya, sangat penting dilakukan, mengingat, sebagian siswa merupakan pemilih pemula pada Pemilu 2019.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Siswa sudah diperkenalkan dengan berdemokrasi yang baik dan benar. Ini bisa menjadi inspirasi bagi sekolah lainnya,” pungkas Nurwantoro. (Jon)