Demi Kenyamanan, Koster Harap Guru di SMAN 1 Abang Direkrut dari Warga Lokal

    


Gubernur Bali Wayan Koster melakukan peletakan batu pertama pembangunan SMA Negeri 1 Abang di Desa Tista, Kecamatan Abang, Karangasem, Sabtu, Sabtu, 8 Agustus 2020 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Kebutuhan guru untuk mengisi SMA Negeri 1 Abang, Karangasem, akan direkrut dari warga setempat.

Gubernur Bali Wayan Koster membita kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bali, agar mengangkat guru tenaga kontrak maupun tenaga administrasi asal Kecamatan Abang.

“Atau paling tidak dari wilayah yang berdekatan,” kata Koster, Sabtu (8/8/2020).

Pertimbangan itu dilakukan untuk menciptakan kenyamanan bagi para pengajar dan siswa didik. Gubernur menambahkan, tugas pelayanan guru kepada siswanya juga lebih maksimal dengan merekrut tenaga pendidik dari warga dalam satu wilayah.

Selain itu, kondisi kesehatan guru juga menjadi pertimbangan Gubernur. Selain itu, tenaga pengajar dan administrasi dalam satu wilayah juga meringankan beban operasional.

“Jadi tidak perlu biaya sewa rumah dan transportasi yang jauh, sehingga irit secara anggaran. Yang paling penting, guru tidak harus jauh-jauh datang ke sekolah, karena ini rentan dengan kesehatannya,” ujarnya.

Pembangunan SMA Negeri 1 Abang menjadi upaya Pemprov Bali dalam mewujudkan program belajar 12 tahun. Hal itu sesuai visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru. (Way/*)