Dekranasda Bali: Platform Digital Peluang IKM Jual Produk di Masa Pandemi

    


Ketua Dekranasda Bali Putri Suastini Koster - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Ketua Dekranasda Bali Putri Suastini Koster mendorong industri kecil menengah memanfaatkan media digital untuk mempromosikan produknya.

Inovasi dibutuhkan agar UKM segera beradaptasi dengan situasi pandemi covid-19. Mengingat, belum ada prediksi pasti sampai kapan pandemi akan berakhir.

“Pemasaran secara offline saat ini bukan menjadi pilihan tepat. Sebagai gantinya platform digital lebih adaptatif memasarkan produk dalam situasi pandemi, jangkauannya pun juga luas,” jelas Putri Koster, Senin, 27 Juli 2020.

Pendamping orang nomor satu di Bali itu menjadi narasumber dalam webinar bertema, ‘Digitalisasi Pasar IKM Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru’ pada Senin (27/7/2020).

Yang perlu dijaga oleh pelaku IKM dalam promosi di dunia digital adalah kualitas produk. Menurutnya, ketika costumer mendapatkan produk seperti yang ditampilkan, mereka akan kecewa.

Menjaga kepercayaan konsumen sangat penting untuk pelaku usaha. Promosi digital intinya tidak menipu dan menawarkan kualitas produk sesuai kondisi yang dipromosikan. untuk mampu bersikap jujur dalam

“Jadi saya minta, para IKM Bali mampu menyampaikan yang sebenarnya, serta tetap dapat mempertahankan kualitas produksi, sehingga akan semakin banyak costumer yang percaya dengan produk tersebut. Dengan demikian, setiap IKM dipastikan akan menjadi semakin maju dan berkembang,” kata Putri Koster.

Sementara, Ketua Harian Dekranasda Provinsi Bali I Wayan Jarta mengatakan, webinar itu jadi satu solusi untuk pelaku IKM, terutama di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan itu diikuti 189 anggota Dekranasda kabupaten/kota se-Bali dan 129 orang peserta IKM se-Bali. Narasumber lain yang hadir yakni, Direktur Operasional Bank BPD Bali Ida Bagus Gede Setia Yasa dan Owner Bali Mall ID Ni Wayan Sri Aryani.

Menurut Owner Bali Mall ID, pihaknya siap untuk melakukan pendampingan bagi Dekranasda kabupaten/kota untuk masuk ke dalam market place BaliMall.id. Selain itu, ia juga menyampaikan dorongan terhadap IKM untuk mampu bergerak secara online.

Sri Aryani mengatakan, pihaknya juga akan terus mendorong masyarakat Bali untuk membeli produk daerah sendiri secara online.

“Karenanya, dalam sistem Balimall.ID, sangat diutamakan promosi IKM yang mempromosikan produk-produk lokal,” ujarnya. (*/Way)