Dekopinda Purworejo Gelar Pameran UMKM Sambut Hari Koperasi

    


Pameran produk unggulan UMKM di alun-alun Purworejo, yang diselenggarakan Dekopinda, dari tanggal 12-14 Juli 2017 - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Memperingati Hari Koperasi ke 70, Dekopinda Kabupaten Purworejo mengadakan pameran produk unggulan UMKM di alun-alun Purworejo, dari tanggal 12-14 Juli 2017. Pameran diikuti 30 peserta, dari 16 kecamatan se Purworejo dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti.

Menurut Widodo Solikue, selaku penanggungjawab pameran, dengan peringatan 70 tahun koperasi Indonesia, dijadikan momentum untuk kembali ke jati diri koperasi yang sebenarnya, yakni gotong royong dan kekeluargaan.

“Karena pada kenyataannya, banyak koperasi abal-abal, di luar jati diri, yang mencari anggota tidak sesuai prosedur,” kata Widodo, Rabu (12/7).

Koperasi abal-abal ini, jelas Widodo, bukannya mensejahterakan anggotanya, tapi malah menyengsarakan anggotanya. Koperasi ini, sudah melenceng dari jati diri koperasi, yakni, dari kita, oleh kita, untuk kita.

Untuk menyikapi banyaknya koperasi abal-abal ini, ujar Widodo, Dekopinda akan bersikap dengan menginventarisir koperasi-koperasi tersebut dan merekomendasikannya pada bupati dan dinas terkait untuk menutupnya.

“Jika tidak ada tindak lanjut, kita akan mempidanakannya. Mereka telah melanggar UU Koperasi no 25 tahun 1992,” tandas Widodo, yang juga pengurus Dekopinda Purworejo bidang advokasi dan sosialisasi.

Lebih jauh Widodo menjelaskan, di Purworejo sendiri, dari 160 koperasi yang ada 14 diantaranya abal-abal. Koperasi abal-abal ini, dalam menentukan bunga pinjaman, tidak dikompromikan dengan anggotanya melalui RAT. (Jon)