Daur Ulang Sampah Plastik Warnai Kegiatan KPR III

    


Sebanyak 116 Pemuda peserta Kemah Pemuda Rote III mempraktekkan daur ulang sampah plastik menjadi tas belanja - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Sebanyak 116 Pemuda peserta Kemah Pemuda Rote III mempraktekkan daur ulang sampah plastik menjadi tas belanja. Pembuatan tas dari sampah plastik ini dibimbing oleh Piter Pa, instruktur dari Komunitas Aksi Kesehatan Indonesia Kupang.

Kepada peserta KPR III, Piter Pa menjelaskan bahwa mendaur ulang sampah adalah suatu tindakan yang terpuji karena membantu mengurangi sampah dan mengubah sampah menjadi produk yang berguna bagi masyarakat.

Selain itu, produk yang dihasilkan dari daur ulang sampah berupa tas, lampu tidur, nampan dan produk lainnya dijual untuk mendapatkan uang.

Selama 2 jam, peserta yang dibagi menjadi 11 kelompok ini serius dan bersemangat mempraktekkan daur ulang sampah plastik gelas minuman Ale-ale menjadi tas belanja yang cantik dan ramah lingkungan.

“Jangan takut dan risih bermain dengan sampah, karena sampah adalah emas yang bisa menghasilkan uang jika ditangani dengan baik dan kreatif. Sampah bukan bencana tapi berkat.” ungkap mantan pegawai P.T. Pelindo II Jakarta yang memilih keluar dan pulang Kupang dan mengurus sampah. (*)