Dapat Pasokan dari Polda Jateng, 15 Pucuk Senapan Serbu Diujicoba Polres Kebumen

    


Kasat Sabhara Polres Kebumen, AKP Krida Risanto, saat memperkenalkan senjata baru, AK-2000 pada anggotanya, di lapangan tembak Gemeksekti - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Polres Kebumen mendapat pasokan senjata baru berupa15 pucuk senapan serbu AK-2000 dari Polda Jateng. Senjata yang baru diterima pada Sabtu (18/3) diujifungsikan kelayakannya di Lapangan Tembak Tambang Batu Cadas di Gemeksekti. 2 Pleton Dalmas Sat. Sabhara dilibatkan dalam uji coba itu.

Dijelaskan Kapolres Kebumen, AKBP Alpen, SH, SIK, MH, melalui Kasat Sabhara, AKP Krida Risanto senjata api jenis senapan serbu kaliber 5.56 mm itu, sebelum digunakan di lapangan harus diuji fungsi serta kelayakannya.

“Pengujian dilakukan untuk memastikan kesiapan senjata api sebelum dioperasionalkan,” jelas Krida, selaku penanggung jawab dalam kegiatan itu, Senin (20/3).

Menurut Krida, kegiatan uji coba tersebut sekaligus untuk melatih para personelnya menggunakan senjata api otomatis atau senjata api serbu terbaru milik Polres Kebumen, dimana senjata tersebut biasanya digunakan oleh Brimob.

Pembagian senjata api baru dari Polda Jateng itu, kata Krida, bukan hanya Polres Kebumen yang mendapatkannya. Namun seluruh Polres jajaran di Polda Jateng juga mendapatkan senjata yang sama.

Masih kata Krida, senjata AK-2000 itu nantinya akan menggantikan senjata SKS yang menurutnya sudah cukup tua. Senjata SKS akan digudangkan, namun tetap digunakan untuk kepentingan insidentil.

Krida, yang sebelumnya pernah menjabat Wadanki Sub Den C Brimob Kutoarjo ini, menyambut gembira senjata pembagian itu. Seiring meningkatnya ancaman kejahatan, kata Krida, tentunya harus didukung senjata canggih dalam mengamankan kejahatan itu.

“Nantinya senjata ini digunakan untuk pengamanan dan pengawalan objek vital, serta pengamanan khusus lainnya yang membutuhkan senjata api sebagai alat pendukung di lapangan,” pungkas Krida.
 
 
Jon