Coblosan Tinggal Sepekan, Jokowi Ajak Pendukung Luruskan Kabar Bohong

    


Kampanye di Solo, pendukung capres nomer urut 01 Jokowi mengusung peti mati simbol terkuburnya hoaks dan isu Sara - foto: Djoko Judiantoro/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Calon presiden nomer urut 01 Jokowi menggelar kampanye di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Selasa, 9 April 2019. Kampanye dibalut dengan konsep Rapat Umum Terbuka Solo Bersatu Menangkan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Di hadapan puluhan ribu pendukungnya, Jokowi mengingatkan sisa waktu pencoblosan tinggal sepekan. Karena itu, dirinya meminta para relawan dan pendukung se-Solo Raya meminimalisir kabar bohong atau hoaks yang beredar.

“Waktu tinggal 8 hari, warga Solo Raya jangan sampai terkaget-kaget kalau ada hoaks, kalau ada kabar fitnah, kita harus kubur yang namanya hoaks, jangan sampai kena isu fitnah, banyak sekali sekarang dari pintu ke pintu, melalui medsos,” kata Jokowi, Selasa, 9 April 2019.

Ia juga menitipkan pesan agar saat pencoblosan 17 April 2019, para pendukung datang ke TPS mengenakan baju putih.

“Nanti ajak teman-teman kita, ajak saudara kita untuk datang berbondong-bondong ke TPS pakai baju putih, karena yang mau dicoblos bajunya putih. Tapi kalo ga punya baju putih pakai baju lain ga papa. Jangan kendor harus terus gas pol,” ujarnya dari atas panggung.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengenalkan tiga kartu yang akan dilaunching tahun depan. Kartu tersebut yakni, Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang dikhususkan sebagai beasiswa bagi mahasiswa.

Kartu kedua adalah, Kartu Prakerja untuk tamatan SMA/SMK, Akademi, PTS atau korban PHK. Dengan kartu Prakerja, tamatan yang belum mendapatkan kerja akan mendapatkan pelatihan life skill sebagai pendukung kemampuan bersaing di dunia kerja.

“Sehingga skill-nyabbertambah dan segera mendapatkan pekerjaan. Kalau belum dapat kerja akan diberikan insentif honor,” kata Jokowi.

Selain itu, ada Kartu Sembako Murah. Dengan kartu itu, dikatakan Jokowi, akan ada diskon berbelanja hingga 50 persen.

“Tiga kartu ini baru akan efektif awal tahun depan, tahu ya? Ini programnya capres,” jelas mantan Walikota Solo ini.

Dalam Rapat Umum Terbuka Solo Bersatu Menangkan Jokowi-Ma’ruf Amin itu, puluhan ribu orang memadati stadion Sriwedari. Pengalihan arus lalu lintas diberlakukan di beberapa titik. Jalan Slamet Riyadi yang menjadi arus utama dilakukan penutupan total. (Way/JK)