Cita-cita Koster Bangun Bali Berdasar Nilai Luhur Pancasila

    


Calon Gubernur Bali nomer urut 1 I Wayan Koster - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Nilai-nilai luhur Pancasila tak lekang dimakan jaman. Bahkan menjadi norma fundamental, filsafat dan pemikiran bangsa, yang menopang rumah besar Indonesia tetap berdiri kokoh sampai sekarang.

Calon Gubernur Bali nomer urut 1 I Wayan Koster mengatakan, Pancasila telah menjadi bidak penuntun bagi bangsa ini dalam mengarungi masa depan yang jauh membentang.

“Pancasila sekaligus telah bermanifestasi sebagai alat pemersatu bangsa yang bhinneka ini ke dalam keikaan yang kokoh. Pancasila jadi magnet yang memberikan alasan bagi kita untuk menerima kemajemukan sebagai sebuah anugerah,” jelas Koster saat memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni, di Kantor DPD PDI Perjuangan Renon, Denpasar, Jumat, 1 Juni 2018.

Dalam kaitannya dengan kehidupan masyarakat Bali yang majemuk,
baik dari sisi agama maupun asal golongannya, pasangan Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menegaskan, kehidupan masyarakat dan pembangunan di Bali harus dibangun dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila.

Menurutnya, Bali sejauh ini telah berhasil mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dengan menjunjung tinggi kemajemukan dan kebhinekaan.

Kedepan, jika dirinya dipercaya memimpin Bali, nilai-nilai Pancasila akan dijadikan dasar dan penuntun dalam membangun Bali.

“Nilai-nilai Pancasila harus diterapkan, agar semua masyarakat di Bali merasakan pengayoman penuh oleh pemimpin Bali kelak, kemudian difasilitasi melalui kebijakan yang harus peduli dan berpihak kepada kelompok masyarakat di Bali,” katanya.

Menurutnya, hal itu bisa dilakukan dengan pola kepemimpinan yang arif dan bijaksana, bisa mengayomi, menjaga, mengajak semua komponen membangun, menjaga dan memajukan Bali. (*)