Cakades Incumbent Ini Pantang Mundur Berkompetisi

    


Ruswandi, di sela-sela kegiatan bersama warga Soko - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Desa Soko, Kecamatan Bagelen, merupakan salah satu, dari 343 desa di wilayah Kabupaten Purworejo, yang akan melaksanakan Pilkades serentak pada Kamis (31/1) mendatang.

Ada dua Cakades yang bersaing dalam Pilkades Soko ini. Mulyono, mantan kadus, dengan no urut 1, tanda gambar padi, dan Ruswandi, SP, mantan kades, dengan no urut dua, tanda gambar ketela.

Sebagai calon incumbent, Ruswandi mengaku sangat diuntungkan. Itu dikarenakan, hasil kerjanya sebagai Kades Soko periode 2013-2019, sudah kelihatan. Kinerjanya yang telah membawa banyak perubahan, bisa dirasakan warganya. Pembangunan fisik desa yang merata dan transparasi dalam bidang administrasi dan keuangan, merupakan nilai tersendiri bagi Ruswandi.

“Sepanjang saat menjabat aman-aman saja, ini keuntungan bagi calon incumbent. Masyarakat sekarang sudah cerdas, mereka tahu mana yang pantas menjadi pemimpin,” ujar Ruswandi, Sabtu (26/1).

Dari pengamatan dan pengalaman Ruswandi, ada dua hal yang menjadi alasan untuk memilih. Selain faktor kedekatan, juga faktor obyektivitas, yang cakupannya sangat luas. Dalam penilaian obyektivitas ini, bisa karena faktor kepribadian, juga hasil yang telah dicapai.

Dan alasan obyektivitas dalam suatu pemilihan, keluar dari hati nurani, entah itu bersifat positif maupun negatif, yang tak bisa dipengaruhi oleh apapun dan siapapun.

“Masyarakat Desa Soko, khususnya kalangan menengah ke bawah, menghendaki saya maju lagi. Insya Allah, saya akan menjalankan amanah ini,” kata Ruswandi optimis.

Pengalamannya sebagai kades, Ruswandi mampu merangkul semua kalangan. Dia melakukan pendekatkan diri dengan rakyatnya, melalui sosial kemasyarakatan. Setiap kali ada kegiatan kemasyarakatan, seperti pengajian, tahlil, berzanji, atau lainnya, Ruswandi dipastikan akan menghadirinya.

Sebagai pemimpin, kata Ruswandi, haruslah ringan tangan (Jawa: enthengan). Itu cara pendekatan yang efektif kepada masyarakat, sekaligus sebagai cara untuk menyerap aspirasi mereka. Menurut Ruswandi, memang begitulah tanggung jawab dan tugas sebagai seorang pemimpin, yang diibaratkan seperti orang tua.

“Mohon doanya, supaya saya bisa terpilih lagi,” pungkas Ruswandi, yang memiliki slogan Pilih Yang Sudah Terbukti, Teruji dan Kerja Nyata ini. (Jon)







    




News

BERITA PILIHAN

    

Kembali ke Atas