Cairkan Bonus Atlet PON XX Papua, Koster: Utamanya Bisa Kalahkan Jateng

    


Gubernur Bali Wayan Koster - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Bonus peraih medali pada PON XX Papua dan Peparnas XVI akhirnya diterima para atlet di Bali setelah hampir 5 bulan tertunda. Total bonus yang dicairkan sebesar Rp 33.242,798.645.

Bali merebut 106 medali di PON XX terdiri dari, 28 emas, 25 perak, dan 53 perunggu. Dalam perhelatan kompetisi olahraga nasional terbesar itu, Bali menempati peringkat 5 dari 34 Provinsi di Indonesia.

“Ini menjadi sejarah yang ditorehkan Bali dalam PON, dari peringkat keenam pada PON 2016 sekarang naik satu peringkat dan berada di urutan kelima,” kata Gubernur Bali Wayan Koster di Jayasabha, Selasa, 29 Maret 2022.

Meski dirasa perolehan medali emas masih belum sesuai target, namun kata Koster, utamanya, Bali mampu bertengger mengalahkan Provinsi Jawa Tengah, DIY dan Banten.

“Utamanya bisa mencapai peringkat kelima dan bisa kalahkan Jateng, Yogya, dan Banten. Yang saya tahu, fasilitas mereka lebih maju dari provinsi lain. Kalau saya liat Bali sarpras olahraga jauh tertinggal,” kata Koster.

Atas prestasi tersebut, Koster langsung menjamu para atlet, pelatih dan pengurus KONI Bali makan siang dan ramah tamah. Koster juga mengungkapkan kepeduliannya di bidang olahraga.

“Astungkara kami sudah melunasi semuanya dan masuk ke rekening masing-masing. Ini merupakan suatu apresiasi, dan saya paham kalau dibandingkan dengan daerah lain ini kecil, namun lihatlah dalam kondisi seberat ini kita masih bisa memberikan penghargaan,” ungkapnya.

Total perolehan medali kontingen Bali di PON XX Papua adalah 106 medali yang terdiri dari, 28 medali emas, 25 medali perak, dan 53 medali perunggu. Sedangkan, untuk Peparnas XVI Tahun 2021 di Papua, Bali mengirim 38 atlet dan 9 pelatih.

Dari 38 atlet yang berlaga, terdapat 21 orang atlet yang berhasil memperoleh medali. Kontingen Peparnas XVI Bali memperoleh 35 medali yang terdiri dari 11 medali emas, 14 medali perak, dan 10 medali perunggu.

“Dengan perolehan medali tersebut maka kontingen Bali menempati peringkat 11 dari 34 provinsi,” Kadisdikpora Bali IKN Boy Jayawibawa menjelaskan. (Way)