Bus Listrik akan Gantikan Angkutan PPD

    


Uji coba bus listrik yang nantinya akan menggantikan angkutan PPD - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Bus listrik garapan PT Mobil Anak Bangsa sudah mulai dipasarkan. Bahkan dalam waktu dekat, Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) selaku operator akan menggunakan bus tersebut sebagai moda transportasi umum.

Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa, menjelaskan, pengujian bus listrik MAB akan dilakukan dari Summarecon BSD dengan empat tujuan. Uji coba dilakukan selama empat hari, mulai 18-21 Juli 2019.

“Rutenya kita akan tes dari Summarecon BSD ke Lebak Bulus, FX Sudirman, Bandara, dan Summarecon BSD ke Kota. Masing-masing satu unit dan akan kita coba seharian penuh,” ucap Putu Yasa dalam penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan MAB di Jakarta, Selasa (2/7/2019).

Bus Listrik Transjakarta dipamerkan di lokasi CFD Bundaran HI, Minggu (5/4/2019). Jika pengetesan bulan ini cukup memuaskan, di bulan Oktober, bus listrik tersebut akan diuji coba langsung masuk ke koridor untuk beroperasi.

Hasil dari uji coba di koridor menurut Putu Yasa sangat menentukan untuk kelanjutannya di tahun 2021 mendatang.

“Ada dua sampai tiga bus listrik yang kita uji coba ke koridor di bulan Oktober, kalau hasilnya bagus dan tanpa kendala, kita lanjut di 2020 karena PPD harus melakukan peremajaan sekitar 102 unit bus yang ada di Transjakarta,” ujarnya.

Dikatakan Yasa, jumlah tersebut hanya sebagian dari unit PPD yang ada di Transjakarta, belum ditambah dengan armada pada segmen bisnis lainnya seperti, angkutan bandara dan juga angkutan perumahan. (Bob)