Bupati Saba Desa di Keburuhan Gelar Kenduri Agung

    


Bupati Purworejo Agus Bastian, saat memotong tumpeng dalam Kenduri Agung di Desa Keburuhan, Ngombol, Selasa (17/9) malam - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Untuk kesekian kalinya, Bupati Purworejo Agus Bastian melaksanakan kegiatan Bupati Saba Desa. Bulan ini, bupati mengunjungi Desa Keburuhan, Kecamatan Ngombol, selama dua hari, dari Selasa (17/9) hingga Rabu (18/9).

Sebelum menuju Desa Keburuhan, bupati menyempatkan diri mengunjungi Desa Sruwoh untuk meresmikan PAUD, serta ke Desa Depokrejo untuk peletakan batu pertama pembangunan rest area.

Dalam kunjungannya kali ini, bupati yang didampingi Wakil Bupati Yuli Hastuti, Sekda Said Romadhon, seluruh pimpinan OPD, serta sejumlah tamu undangan, sempat mengikuti Kenduri Agung, Selasa (17/9) malam di halaman balai desa Keburuhan, dalam rangka Merti Desa.

Bahkan, Bupati Purworejo mendapat kehormatan untuk memotong tumpeng, dan diberikan kepada Kepala Desa Keburuhan, Trubus.

Menurut Trubus, Kenduri Agung tersebut dilakukan seusai panen, setahun sekali. Kegiatan yang dikemas dalam Merti Desa ini, sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rejekinya melalui hasil panen yang melimpah.

“Karena kebetulan pas acara Bupati Saba Desa, maka Kenduri Agung kita laksanakan sekalian. Dilanjutkan dengan hiburan wayang kulit dengan dalang Bambang Wiji Nugroho, yang membawakan lakon
Cupu Manik Imandoyo,” ungkap Trubus.

Usai mengikuti Kenduri Agung, kegiatan bupati dilanjutkan dengan pelepasan lampion, dan sarasehan dengan tema Kearifan Budaya Lokal Menyongsong Romansa 2020.

Menurut Bupati Agus Bastian, dengan kegiatan Bupati Saba Desa tersebut, dirinya menjadi tahu kondisi rakyat secara langsung, dan apa yang mereka butuhkan.

Dikatakan, dengan Saba Desa ini, selain bisa melihat langsung keadaan masyarakat maupun insfratruktur dan program-program yang dibutuhkan masyarakat, dia juga bisa menyapa dan berdialog dengan masyarakat.

“Sehingga ketika kita membuat program untuk masyarakat, sesuai yang mereka butuhkan,” ujar bupati, di sela-sela kegiatan.

Kegiatan Bupati Saba Desa ini, diakhiri Rabu (18/9) pagi, dengan penanaman bibit dan tebar benih ikan, serta senam massal. (Jon)