Bupati Purworejo Tetapkan Bulan Maret sebagai Bulan WR Supratman, Bulan Indonesia Raya

    


Para pemenang Lomba Mars Purworejo berfoto bersama Bupati Purworejo, Rabu (09/03/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bupati Purworejo Agus Bastian menetapkan Bulan Maret sebagai Bulan WR Supratman, Bulan Indonesia Raya. Hal itu disampaikan Bupati, pada Peringatan Hari Musik Nasional, sekaligus pembukaan Festival WR Supratman 2022 bertemakan Tribute to WR Supratman, Rabu malam (09/03/2022) di Pendopo Kabupaten Purworejo.

Dalam acara yang berlangsung sederhana itu, dihadiri Sekda Said Romadhon, Ketua DPRD, para asisten sekda, Kepala OPD terkait, Ketua Dewan Kesenian Purworejo, tokoh seni, tokoh musik, tokoh masyarakat, serta segenap tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah mengadakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati kelahiran komponis Wage Rudolf Soepratman sekaligus peringatan Hari Musik Nasional.

Menurut Bupati, selain kegiatan Tribute To WR Soepratman, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan diantaranya penyerahan penghargaan Kampung Cantik, penerbitan kartu pos dan perangko edisi khusus WR Soepratman, serta penyerahan hadiah Lomba Cipta Mars Purworejo.

“Khusus untuk Lomba Cipta Mars Purworejo, saya berharap, Mars Purworejo tersebut nantinya dapat dihafalkan oleh seluruh masyarakat Purworejo, sebagaimana kita hafal lagu Indonesia Raya,” harap Bupati.

Disampaikan pula, bahwa WR Soepratman adalah seorang komponis sekaligus juga seorang jurnalis, yang mewarnai karya-karyanya dengan semangat dan nilai-nilai kecintaan pada tanah air.

Oleh karena itu, Bupati juga berharap para seniman dan jurnalis di Kabupaten Purworejo juga terinspirasi dan termotivasi untuk berkarya dan bekerjasama secara sinergis dengan Pemerintah dan komponen masyarakat lainnya, guna mendukung pembangunan dan kemajuan Kabupaten Purworejo.

“Berbagai kegiatan yang kita laksanakan ini sekaligus juga untuk memeriahkan Peringatan Hari Jadi Ke 191 Kabupaten Purworejo, yang momentumnya sama-sama bernuansa cinta tanah air,” ujar Bupati.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo, Stephanus Aan Isa Nugroho selaku Ketua Panitia Kegiatan menjelaskan, dalam Peringatan Hari Musik Nasional tersebut juga dilakukan launching serta penyerahan hadiah bagi pemenang Lomba Mars Purworejo.

“Lomba yang diselenggarakan oleh bagian Prokopim ini diikuti 67 peserta dari berbagai daerah, dan pemenangnya diambil 3 besar,” kata Aan.

Para pemenang Lomba Mars Purworejo ini, terang Aan, untuk juara 1 diraih Leonardo Agus Wahyudi Minarko dari Yogyakarta, dan berhak atas hadiah Rp 20 juta, juara 2 diraih Dwi Suryanto dari Purworejo, serta juara 3 diraih Amalia Putri Puspitasari dan Qantaza Rian Ardito. Untuk juara 2 dan 3, menerima hadiah uang pembinaan masing-masing Rp 2 juta.

“Juga ada penyerahan hadiah Lomba Kampung Cantik yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup, serta launching perangko dan kartu pos edisi khusus WR Supratman,” ungkap Aan sambil menambahkan, untuk juara 1 Kampung Cantik diraih Desa Pandanrejo, Kaligesing, juara 2 Desa Dlisen Kulon, Pituruh, dan juara 3 Desa Ganggeng, Purworejo.

Acara makin meriah, dengan adanya performance musik, tari, puisi, dan diakhiri dengan diskusi. (Jon/adv)