Bupati Purworejo Tertibkan Penambang Liar

    


Bupati Purworejo Agus Bastian, dengan didampingi jajaran Forkopimda, saat meninjau salah satu lokasi penambangan batu andesit di wilayah Bagelen, Senin (8/10) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bupati Purworejo Agus Bastian, tertibkan para penambang liar. Hal itu ditegaskan Agus Bastian, saat meninjau sejumlah lokasi penambangan batu andesit di wilayah Kecamatan Bagelen, Senin (8/10).

Bupati yang didampingi Ketua DPRD, Dandim 0708, Kapolres Purworejo, Ketua PN Purworejo, Kajari, Sekda, Kasatpol PP, Dinas ESDM Propinsi Jateng, serta sejumlah pejabat itu, meninjau langsung lokasi penambangan.

“Peninjauan ini untuk memastikan, bahwa penambangan ini sudah sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Agus Bastian.

Peninjauan, kata Agus Bastian, juga untuk menertibkan para penambang liar, yang menambang di luar titik koordinat yang sudah ditentukan. Hal itu, dibuktikan dengan penyitaan alat berat milik penambang perseorangan.

Para penambang liar ini, kata bupati, diberikan sanksi yang tegas, dengan menghentikan aktivitas mereka. Bagi yang tidak berijin, akan dilaporkan ke pihak yang berwajib, karena sudah merupakan tindak pidana.

“Dari hasil peninjauan, ditemukan beberapa penambang liar. Kita tidak ingin Pemkab Purworejo dirugikan. Jadi bisa diketahui berapa tanah yang keluar. Regulasi kita disini, kaitannya sama pajak,” ungkap Bupati Agus Bastian.

Dijelaskan, bahwa pihaknya sangat mendukung adanya proyek nasional bandara New Yogyakarta International Airport di Kulonprogo, dimana untuk proses pembangunannya, dengan mengambil material daerah sekitar. Tapi tentunya, harus sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku. (Jon)