Bupati Purworejo Resmikan SPBU Kentengrejo

    


Dirut PT Eka Karya Asta Jaya, Tugiman Eko Wiyono, saat mengisi Pertamax ke mobil dinas Bupati Purworejo, sebagai tanda beroperasinya SPBU Kentengrejo, Sabtu (21/7) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SPBU 44.541.13, yang berada di jalur selatan-selatan, atau jalan Daendels, tepatnya di Desa Kentengrejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, resmi beroperasi.

Peresmian dilakukan dengan pemotongan pita oleh Bupati Purworejo Agus Bastian, Sabtu (21/7), dengan disaksikan Dirut PT Eka Karya Asta Jaya,
Tugiman Eko Wiyono selaku pemilik SPBU, serta sejumlah tamu undangan.

Menurut bupati, jalur selatan-selatan Purworejo atau yang dikenal dengan jalan Daendels, terus mengalami perkembangan seiring dinamika wilayah. Jalur Deandels ini merupakan jalur alternatif yang memanjang di pesisir selatan pulau Jawa.

Jalur ini, sangat membantu mengurai kemacetan di jalur utara maupun tengah, terutama pada saat ramai, seperti arus mudik hari raya, baik Lebaran, maupun Natal dan Tahun Baru.

Seiring dengan rencana pemerintah yang akan membangun bandara internasional New Yogyakarta International Airport di wilayah Kabupaten Kulonprogo, jalur Deandels terus diperbaiki dan diperlebar.

Selain mulus dan lebar layaknya jalan tol, ujar bupati, jalur ini juga belum sepadat jalur utara atau jalur tengah. Tidak heran, kian hari arus lalu lintas di jalur Deandels makin padat, terutama pada hari-hari tertentu. Sehingga bukan tidak mungkin, jalur ini kelak tidak lagi merupakan jalan arteri atau alternatif, melainkan menjadi jalan utama.

Relevan dengan hal tersebut, maka infrastruktur maupun sarana prasarana di sepanjang jalur ini, harus terus dikembangkan dan dilengkapi sesuai kebutuhan.

“Termasuk keberadaan SPBU atau pom bensin, yang merupakan perangkat vital bagi kendaraan bermotor yang melintasi jalan raya,” kata Bupati Agus Bastian.

Usai peresmian, secara simbolis, Dirut PT Eka Karya Asta Jaya, Tugiman Eko Wiyono mengisikan Pertamax ke mobil dinas bupati bernopol AA 1 C, sebagai penanda beroperasinya SPBU Kentengrejo.

Dalam kesempatan tersebut, Tugiman Eko Wiyono menjelaskan, bahwa SPBU Kentengrejo merupakan SPBU ke empat milik PT Eka Karya Asta Jaya, dan satu-satunya SPBU di jalan Daendels. Selain di Kentengrejo, perusahaan ini memiliki SPBU di Loano, Jatimalang, dan Sogan di Wates, Kulonprogo.

“Untuk fasilitas pendukung SPBU, seperti toilet, musholla, taman, rest area, dalam proses penyempurnaan,” ujar Tugiman. (Jon)