Bupati Purworejo Monitoring Pilkades Serentak

    


Bupati Purworejo, Agus Bastian, saat melakukan monitoring pelaksanaan Pilkades serentak di Desa Trirejo, Loano, Kamis (31/1) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bupati Purworejo Agus Bastian, beserta Wabup Yuli Hastuti, dan jajaran Forkopimda, melakukan monitoring terhadap pelaksanaan Pilkades serentak, yang dilaksanakan pada Kamis (31/12).

Kunjungan diawali dengan meninjau pelaksanaan Pilkades di Desa Trirejo, Loano. Disini, bupati disambut dengan antusias warga Trirejo yang tengah antri mencoblos.

Diiringi wabup dan jajaran Forkopimda, beserta OPD terkait, Bupati Agus Bastian tampak dengan seksama meneliti kesiapan pihak panitia, dan perlengkapan/sarana pemilihan. Bagian pendaftaran, kotak suara, ruang bilik suara, tak luput dari perhatian bupati.

Sekitar setengah jam, bupati dan rombongan berada di balai desa Trirejo, tempat pemungutan suara berlangsung. Sebelum meninggalkan lokasi, bupati dan jajaran Forkopimda menyalami dua cakades yang berada di panggung.

Usai dari Trirejo, kunjungan dilanjutkan ke desa Popongan (Banyuurip), Keduren (Purwodadi), Bragolan (Purwodadi), Secang (Ngombol), Dukuh Dungus (Grabag), Sidarum (Kutoarjo), Klepu (Pituruh), Pepe (Pituruh), Karangduwur (Kemiri), dan Seren (Gebang).

Menurut Kepala Dinpermades Kabupaten Purworejo, Agus Ari Setiyadi, monitoring dilakukan bupati untuk mengetahui secara langsung proses pemungutan suara yang dilaksanakan oleh panitia pilkades tingkat desa, guna memastikan bahwa tahapan pilkades sudah dilakukan sesuai mekanisme yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan.

“Monitoring dilaksanakan dengan mengambil sampel di 11 desa dari 10 wilayah kecamatan,” jelas Agus Ari.

Dari sampel tersebut, kata Agus Ari, sudah cukup mewakili peta situasi desa yang menggelar pilkades di Kabupaten Purworejo, sehingga dengan dilakukannya kegiatan monitoring diharapkan situasi kondisi wilayah tetap kondusif.

“Dari hasil pantauan, untuk partisipasi pemilih dalam pilkades tinggi. Hal tersebut terlihat pada tingkat kehadiran pemilih hingga pukul 12.00 WIB rata-rata mencapai 80%. Kemungkinan akan terus bertambah, karena pemungutan suara baru ditutup pada pukul 14.00 WIB,” pungkas Agus Ari. (Jon)







    




News

BERITA PILIHAN

    

Kembali ke Atas