Bupati Purworejo Minta Semua Direktur BUMD Jalani Tes Swab

    


Ngopi bareng bupati dengan jajaran BUMD Kabupaten Purworejo, Senin (14/09/2020) malam di pendopo Kabupaten Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bupati Purworejo Agus Bastian meminta pada semua pimpinan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) untuk menjalani tes swab Covid-19.

Hal itu dimaksudkan, supaya semua pimpinan BUMD terjaga kesehatannya, dan selalu dalam kondisi yang fit. Dengan sehat diharapkan dapat memimpin BUMD dengan sebaik mungkin.

Permintaan bupati itu disampaikan dalam kegiatan silaturahmi dan ngopi bareng di pendopo, Senin malam (14/09/2020), yang dihadiri Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda, Budi Harjono, Kabag Humas dan Protokol Rita Purnama, 7 Direktur BUMD Kabupaten Purworejo, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

“Tes swab sangat penting sebagai deteksi awal untuk memastikan terpapar tidaknya seseorang dari virus covid-19. Jika positif covid maka dapat segera ditangani dengan isolasi dan perawatan,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, pertemuan yang dikemas dengan silaturahmi dan ngopi bareng tersebut, sangatlah tepat. Selain dengan BUMD, agenda ngopi bareng juga dilakukan dengan OPD, camat, kades, juga awak media.

“Pertemuan seperti ini menjadikan hubungan dapat mencair, menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di lingkup kantor,” kata bupati.

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga berharap semua BUMD dapat berdaya saing, supaya maju dan berkembang untuk dapat berkontibusi dan mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Bupati juga meminta, jika ada kesulitan dijajaran BUMD, forum BUMD bisa menjembatani dalam mencari solusi terbaik.

“Semua BUMD agar berlomba-lomba memperbaiki kinerjanya supaya tidak memberatkan pemerintah daerah tapi bisa memberikan PAD,” tandas bupati.

Sementara itu, Ketua forum BUMD Kabupaten Purworejo Wahyu Argono Irawanto menjelaskan, ada tujuh BUMD di Kabupaten Purworejo, yakni Perumda BPR Bank Purworejo, Perumda Air Minum Tirta Perwitasari, Perumda Graha Husada Medika, Perumda Aneka Usaha Purworejo, PT Bank Pembangunan Daerah Jateng (Perseroda), PT BPR BKK Purworejo (Perseroda), dan PT BPR BKK Jateng (Perseroda) Cabang Purworejo.

Masing-masing BUMD, ungkap Wahyu, menjalankan usaha sesuai bidangnya. Namun BUMD saat sekarang sedikit mengalami perkembangan yang kurang baik, karena adanya pandemi covid-19.

“Namun kita semua BUMD saling mensuport untuk tetap optimis, dengan upaya inovasi masing-masing BUMD dalam menjalankan roda usahanya,” jelas Wahyu. (Jon)