Bupati Mahayastra Sebar Bilik Sanitasi di Seluruh Pasar Tradisional

    


Bupati Gianyar I Made Mahayastra meninjau bilik steril di Pasar Umum Gianyar bersama Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana dan Ketua TP PKK Gianyar Surya Adnyani Mahayastra, Sabtu (4/4/2020) pagi - foto: Catur/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Fasilitas umum berupa sanitizer chamber mulai dipasang di seluruh pasar tradisional yang ada di Gianyar.

Secara simbolis, Bupati Gianyar Made Mahayastra memasang bilik sanitizer di Pasar Umum Gianyar, Sabtu, 4 April 2020.

“Seluruh tempat umum akan kita pasang wastafel, agar kita semua terbiasa hidup bersih,” kata Mahayastra, Sabtu, 4 April 2020.

Terkait dengan penggunaan cairan disinfektan ruang steril, kata Mahayastra, tidak dianjurkan untuk orang karena justru dapat memicu gangguan kesehatan yang lain.

Karena itu, hanya barang dan perlengkapan pedagang yang wajib melewati screening disinfeksi sebelum dibawa masuk ke pasar atau dibawa pulang oleh pedagang dan pengunjung. Tentu saja, selain bahan makanan.

“Orang yang tidak dilengkapi dengan pakaian atau alat pelindung diri disarankan untuk tidak melewati bilik sanitizer,” jelasnya.

Selain bilik sanitizer, Pemkab setempat juga menyiapkan wastafel di setiap fasilitas umum lainnya.

Selama masa pandemi covid-19, Pemkab Gianyar juga membatasi jam operasional pasar tradisional mulai buka pukul 07.00 Wita. (ning)