Bupati Giriprasta Siapkan Peningkatan Pendidikan Hingga Pembangunan Megaproyek di Badung

    


Bupati Badung, I Nyoman Giriprasta - foto: Suyanto/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Program wajib belajar 12 tahun dan pemberian laptop kepada siswa yang digaungkan Bupati Badung, I Nyoman Giriprasta, direalisasikan secepatnya Desember tahun ini. Dalam APBD perubahan di sektor pendidikan, menurut Giriprasta, telah dimasukkan anggaran untuk pengadaan komputer jinjing bagi 8.900 siswa kelas VI Sekolah Dasar. Pendistribusian laptop nanti diagendakan bersamaan dengan penyerahan ambulans siaga untuk 62 desa.

“Bicara APBD Perubahan di sektor pendidikan kita sudah upayakan maksimal, terutama pengadaan laptop dan tenaga untuk melatih kecakapan siswa menggunakan perangkat IT,” jelas Giriprasta.

Pengadaan perangkat laptop akan diberikan kepada 8.900 siswa kelas VI SD yang tersebar di seluruh Kabupaten Badung. Giriprasta menyatakan, secara periodik, pemerintahannya akan menyasar seluruh siswa agar mendapatkan perangkat IT seperti yang digaungkan saat kampanye beberapa waktu lalu.

“Efektif saya menjabat sebagai bupati baru enam bulan. Jadi sabar, ini baru permulaan. Kita berhitung sampai ke biaya upakara dan lain-lain, dan sudah saya tekankan tidak boleh ada pungutan yang berbentuk sumbangan sukarela apapun di sekolah,” kata Giriprasta.

Selain itu, dikatakan Nyoman Giriprasta, pemerintahan Kabupaten Badung sekarang memegang komitmen dalam membangun sejumlah infrastruktur untuk menopang pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Dalam menggenjot megaproyek yang ada, ditegaskan Giriprasta, timnya saat ini sudah masuk tahap pra Feasibility Study (FS) untuk pembangunan underpass hingga jalan lingkar atau ring road. Kepentingan membangun akses jalan disebutkan sangat penting untuk memperlancar lalu lintas di kawasan Badung Selatan.

“Yang pertama sudah jelas underpass di depan patung Ngurah Rai dan di depan Mc. D, begitu juga outer ringroad lingkar selatan di Kuta Selatan,” ujarnya.

Outer Ringroad nantinya akan membentang dari Kalurahan Benoa, Kutuh, Ungasan hingga ke Pecatu dan Jimbaran. Dalam pra FS yang kini tengah dikaji, jalan lingkar tersebut akan dibangun lengkap dengan sejumlah shortcut.

Konsep pembangunan di wilayah Badung akan dilakukan secara merata yang menyasar hingga ke wilayah Badung Utara. Disitu, nantinya, akan dibangun sebuah taman budaya sebagai wahana para seniman Badung unjuk penampilan. Termasuk pula, akan dibangun lapangan voli bertaraf internasional.
 
 
Way