Bule pun Turut Menyalakan Lilin untuk Ahok di Lapangan Puputan Bali

    


Bak lautan manusia, peserta aksi Malam Solidaritas untuk Ahok memenuhi Lapangan Puputan Renon, Denpasar. Mereka menyalakan lilin sebagai bentuk keprihatinan terhadap Basuki Tjahaja Purnama - foto: Wahyu Siswadi/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Gelombang solidaritas dukungan untuk Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tidak hanya terjadi di Jakarta dan sejumlah wilayah di Indonesia. Di Bali, ribuan orang berkumpul di Lapangan Puputan Renon untuk mendukung gubernur non aktif Basuki Tjahaja Purnama yang telah divonis 2 tahun dalam kasus penodaan agama.

Konsentrasi massa berada di sisi timur Monumen Bajrasandhi atau di sebelah pos Pemadam Kebakaran, Renon, Denpasar. Ribuan orang mulai berdatangan sekitar pukul 17.30 wita, Kamis, 11 Mei 2017. Agenda dalam aksi itu adalah penyalaan lilin sebagai simbol dukungan terhadap Ahok.

Secara tertib, massa menyanyikan lagu-lagu perjuangan seperti Garuda Pancasila, Indonesia Pusaka maupun mars Bangun Pemuda Pemudi. Aksi yang awalnya difokuskan di titik kumpul ruang parkir timur Lapangan Puputan akhirnya tumpah ruah hingga ke jalan Juanda Karta Wijaya yang memisahkan areal lapangan dengan Pos Damkar Renon.

Seorang peserta aksi tengah menyulut lilin di ruang parkir timur Lapangan Puputan Renon - foto: Wahyu Siswadi/Koranjuri.com

Seorang peserta aksi tengah menyulut lilin di ruang parkir timur Lapangan Puputan Renon – foto: Wahyu Siswadi/Koranjuri.com

Pantauan Koranjuri.com, mereka menyalakan lilin yang sudah disediakan panitia dan menyematkan atribut pita berwarna hitam di tangan. Selain itu, massa juga mengenakan kostum berwarna hitam.

“Kami datang karena merasa simpatik dengan pak Ahok,” kata peserta aksi yang datang bersama keluarganya.

Aksi damai itu tak hanya diikuti oleh orang lokal namun seluruh warga dari penjuru Indonesia yang bermukim di Bali. Bahkan, warga asing maupun wisatawan domestik yang kebetulan berada di Pulau Dewata juga menyatu dalam kerumunan massa.

Aksi hanya berlangsung sekitar 1,5 jam, dari pukul 18.00 wita hingga berakhir pukul 19.30 wita dan peserta aksi membubarkan diri.
 
 
Way