Bule Asal London Panjat Menara Air, Tapi Gagal Bunuh Diri

    


Adam Healy Matthew (20) dievakuasi oleh tim SAR Gabungan dari atas menara air setinggi 12 meter - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Wisatawan asing di Bali kembali berulah. Setelah seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Australia bernama Butler Gregory Lee (46) melakukan percobaan bunuh diri di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Selasa (18/7) lalu.

Kini giliran Adam Healey Matthew (20) melakukan percobaan bunuh diri di Hotel Bendesa, Jalan Legian, Kuta, Badung, Senin (28/8) kemarin. Bule asal Inggris ini mencoba melompat dari ketinggian 12 meter dengan memanjat menara air yang terletak di lantai 3 Hotel Bendesa.

Tindakan aneh pria kelahiran London ini, membuat seluruh pegawai dan tamu Hotel Bendesa panik. Tidak ingin terjadi sesuatu, petugas hotel langsung meminta bantuan dengan menghubungi petugas SAR.

Selanjutnya, petugas gabungan SAR terdiri dari SAR Polda Bali, Basarnas dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Denpasar tiba di lokasi untuk melakukan evakuasi. Selain itu, Satpam hotel juga turut membantu mengevakuasi.

Setelah dilakukan negosiasi selama satu jam, petugas SAR berhasil mengevakuasi Adam Healey Matthew dalam keadaan selamat. Ia langsung dilarikan ke Rumah Sakit BIMC dan dirujuk ke RSUP Sanglah untuk mendapat perawatan medis. Aksi nekatnya ini, diduga karena mengalami depresi.

Kepala Seksi Pengamanan dan Penyelamatan (Pammat) Subdit Gasum Direktorat Sabhara Polda Bali atau Ketua Tim SAR Polda Bali, Kompol I Komang Tresna A. Manik membenarkan adanya peristiwa ini.

“Sebanyak 8 personel Tim SAR Polda Bali kita terjunkan untuk melakukan evakuasi. Proses evakuasi berjalan dengan lancar dan aman,” ucapnya saat dikonfirmasi via telepon, Selasa (29/8).

Berdasarkan informasi dari salah satu karyawan hotel, perwira melati satu ini menceritakan bahwa tamu yang sudah menginap selama dua hari di Hotel Bendesa dan melihat perilaku aneh yang bersangkutan. Ia mondar-mandir dari kamar ke area kolam renang dan di tempat front desk.

Bahkan diajak bicara pun tidak nyambung. Selanjutnya bule itu pergi keluar dan saat dipantau di CCTV terlihat Adam Healey Matthew sedang naik ke menara air.

“Terungkapnya kejadian ini berawal dari petugas hotel saat mengecek situasi hotel melalui CCTV. Dilayar monitor terlihat bule ini sedang naik ke tower air,” terangnya. (*)