Bukan di Bali, Desa Wisata ini Sarat dengan Kesenian dan Tradisi Unik

    


Rombongan Kementerian Parekraf saat melakukan kunjungan itu disuguhi welcome dance berupa jathilan dan atraksi reog serta musik lesung - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Keberadaan desa wisata Sumberbulu Desa Pendem Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar makin diakui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Hal itu terbukti dengan kunjungan kerja yang dilakukan oleh Kepala Deputi Bidang SDM dan Kelembagaan Kemenparekraf, Wisnu Bawa Tarunajaya, (Minggu, 22/11/2020).

Kunjungan kerja tersebut menindaklanjuti prestasi yang pernah diraih desa wisata Sumberbulu sebagai pengelola desa wisata terbaik tingkat nasional, beberapa tahun lalu.

“Saya membuktikan sendiri bahwa pengelolaan desa wisata Sumberbulu semakin baik. Potensi yang dimiliki dapat dimaksimalkan, bahkan potensi seni tradisinya juga telah dikemas menjadi suguhan yang menarik,” kata Wisnu.

Rombongan Kementerian Parekraf saat melakukan kunjungan itu disuguhi welcome dance berupa jathilan dan atraksi reog serta musik lesung.

Titin Riyadiningsih, pengelola desa wisata Sumberbulu berbangga dengan kunjungan kerja itu. Pemberitahuan diterima hanya dua hari sebelumnya. Sehingga, pihaknya harus menyiapkan segalanya secara mendadak.

Namun hal itu bukan masalah bagi pengelola karena manajemen desa wisata Sumberbulu memang sudah tertata sejak awal.

“Pengembangan potensi desa wisata menjadi salah satu solusi untuk penanganan ekonomi masyarakat pada masa pandemi dan pasca pandemi nanti,” kata Titin Riyadingsih. (*/her)