Breaking News: Canggih, Performa Pemain Liga 1 Bakalan Dipantau Alat GPS

    


PT LIB melakukan kerjasama dengan beberala mitra di BRI Liga 1 Tahun 2022 - foto Yan Daulaka

KORANJURI.COM – Perkembangan atau performa pemain Liga 1 kini akan terus dipantau.

PT. Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator bakalan membuat terobosan baru, yang salah satunya adalah setiap pemain akan dipasang alat GPS (Global Positioning System) khusus buatan Korea selama mereka bertanding dan latihan.

Dengan GPS ini, kecepatan lari, detak jantung dan performa fisik lainnya bisa langsung diketahui dan diolah untuk kepetingan klub dan pemain itu sendiri.

Hal ini dikatakan Bisnis Manager PT LIB, Ali Reza saat penandatanganan kerjasama antara PT. LIB dengan sejumlah mitra di Kafe Bali United, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Jumat (07/01/2022).

“PT. LIB bekerjasama dengan FitTogether menyediakan GPS yang dipakai semua pemain yang bermain di Liga 1. Alat itu akan memetakan performa pemain tersebut baik saat latihan maupun saat pertandingan,” kata Ali Reza.

Menurutnya, alat tersebut akan diberikan secara gratis kepada klub-klub yang bermain di Liga 1. Model seperti ini sudah diterapkan sejumlah negara. Salah satunya di Korea. Alat yang digunakan PT. LIB merupakan buatan Korea.

Dimana di negara tersebut sudah lazim digunakan dan cukup membantu mendongkrak performa timnas Korsel.

“GPS Ini alat buatan Korea dan sudah dipakai timnas kita. PT LIB akan menyediakan secara gratis kepada 18 klub di Liga Indonesia selama dua tahun,” ucap Ali Reza.

Selain membantu klub, data perkembangan performa pemain nantinya bisa dimanfaatkan pelatih tim nasional untuk memantau pemain yang kaan direkrut.

Jadi data-data klub diolah oleh pelatih timnas kemudian bisa dijadikan acuan dalam membuat keputusan.

“Misalnya pelatih Indonesia Sin Tae Young ingin melihat perkembangan pemain timnas yang bermain di Klub. Dia tinggal minta datanya kemudia diolah. Di situ akan terlihat bagaimana performa pemain, detak jantung, kecepatan sampai seberapa sering diturunkan,” ucap Ali Reza.

Selain bekerjasama dengan FitTogether, PT. LIB juga menjalin kerjasama kemitraan dengan FanGir.com, Aero Systems Indonesia (Asyst).

FanGir dalam format kerjasama ini akan menyediakan sign card pemain liga 1. Dalam pelaksanaan nantinya FanGir akan membuat kartu berisi foto dan profil pemain yang berisi pemain-pemain yang bermain di Klub liga 1.

Nantinya kartu ini akan dijual kepada penggemar dengan keuntungan yang kaan dibagikan kepada klub dan pemain. Sedangkan Asyst akan membantu klub-klub terutama dalam hal angkutan logistik klub saat bermain tandang ke tempat lain. (Yan Daulaka)