BPBD Purworejo Siapkan Ribuan Nasi Bungkus Untuk Pengungsi

    


Para sukarelawan tengah mempersiapkan ribuan nasi bungkus untuk para pengungsi terdampak banjir, Senin (18/3/2019) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sekitar 1.800 warga terdampak banjir, mengungsi di sejumlah titik-titik pengungsian, yang tersebar di beberapa tempat, di wilayah Kecamatan Bagelen, Purwodadi, serta Bayan.

Desa Bapangsari, Dadirejo, serta Bojong, menjadi wilayah di Bagelen yang cukup parah mengalami banjir. Untuk wilayah Purwodadi, banjir cukup parah terjadi di Karangsari, Kebonsari, maupun Sidoarjo. Untuk wilayah Bayan, desa Pogung Kalangan juga terendam banjir.

“Untuk membantu para pengungsi, kita siapkan sekitar 1.500 nasi bungkus, yang akan kita droping sehari tiga kali ke titik-titik pengungsian. Sebenarnya, kita bisa sediakan lebih dari itu, tapi karena keterbatasan tenaga sukarelawan untuk memasak,” jelas Sutrisno, Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Senin (18/3).

Sutrisno menyarankan, agar di titik-titik pengungsian tersebut, dibuat dapur umum. Untuk segala kebutuhan dan keperluan dari dapur umum ini, dari BPBD siap mensuplainya.

Hingga Senin siang, ujar Sutrisno, air di beberapa wilayah yang dilanda banjir sudah mulai surut. Toh begitu, Sutrisno meminta agar pengungsi jangan dulu kembali ke rumah.

Saat ini, jelas Sutrisno, masih terjadi mendung, dan dimungkinkan bisa terjadi hujan lagi. Untuk lebih amannya, pengungsi diminta tinggal di pengungsian hingga banjir reda dan suasana kembali seperti semula.

“Untuk para pengungsi, tetap jaga kesehatan,” pesan Sutrisno. (Jon)