BPBD Bali Siaga Atasi Cuaca Ekstrim

    


Plt. BPBD Provinsi Bali, Dewa Putu Mantera - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali bersiap menghadapi perubahan cuaca yang umumnya diawali dengan cuaca ekstrim.

“Untuk mengantisipasi pohon tumbang maupun tanah longsor akibat cuaca buruk yang belakangan ini melanda wilayah Bali, pihak kami telah mempersiapkan dengan matang,” kata Plt. BPBD Provinsi Bali, Dewa Putu Mantera, Kamis, 26 Januari 2019.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat berhati-hati dan memininalisir potensi yang menyebabkan kerugian akibat cuaca buruk tersebut.

BPBD bergerak cepat begitu ada permohonan dari masyarakat yang terkena dampak bencana di seluruh Kabupaten/Kota di Bali. Menurut Dewa Putu Mantera, pihaknya terjun langsung ke lapangan untuk segera melakukan pertolongan kepada masyarakat terdampak.

Seperti yang terjadi di Gunung Abang Kintamani, Dewa Putu Mantera mencontohkan, pihaknya berkoordinasi dengan dinas terkait untuk segera melakukan pertolongan.

Untuk mengantisipasi, sejumlah spanduk dipasang agar masyarakat lebih waspada dengan kondisi di daerah rawan bencana.

“Kami telah menyiapkan alat berat di masing-masing Kabupaten/Kota. Begitu juga di Provinsi sudah kita siapkan, sehingga jika terjadi kekurangan, bisa segers kita kirimkan,” jelasnya demikian.

BPBD sendiri, dikatakan Dewa Putu Mantera, siap dalam menangani dampak kebencanaan.

“Begitu ada pengaduan dari masyarakat, kami segera meluncur. Tidak hanya kebencanaan saja, kecelakaan, hingga menangkap ular pun kami siap,” ujarnya.

Sementara, terkait erupsi Gunung Agung, hingga saat ini belum ada laporan terkait masyarakat yang mengungsi akibat bencana tersebut. Pihaknya tidak menampik jika ada masyarakat yang mengungsi ke kerabat mereka.

“Kita siapkan untuk mengatasi itu, apalagi kita tidak tahu kapan akan terjadi erupsi lagi. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi,” jelasnya. (*)