Borong Juara, SMPN 2 Purworejo Raih Juara Umum MAPSI Tingkat Kabupaten Tahun 2021

    


Para siswa SMPN 2 Purworejo yang berprestasi dalam lomba MAPSI tingkat Kabupaten Purworejo tahun 2021, dan berhasil meraih juara umum - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Prestasi membanggakan kembali diraih siswa-siswi SMPN 2 Purworejo. Dalam lomba MAPSI (Mata Pelajaran dan Seni Islami) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh MGMP PAI (Musyawarah Guru Mata Pelajaran Agama Islam) Kabupaten Purworejo, sekolah ini berhasil meraih juara umum.

Menurut Dukhri Muhamad, S.Ag. M.Pd selaku guru pembimbing, dalam kejuaraan berjenjang ini,
Tim MAPSI SMPN 2 Purworejo, meraih banyak juara. Dari tujuh mata lomba yang dilombakan, Cerdas Cermat Islam, Tilawah, Tartil, Tahfiz, Kaligrafi, Rebana dan Pidato, lima diantaranya berhasil meraih juara 1.

Juara ini meliputi, juara 1 Cerdas Cermat Islam, yang diikuti Sekar Ayu Dyah Kinasih (kelas 9G), Naura Alifa Damayanti (kelas 9D), dan Itsna Istiqomah (kelas 8A).

Juara 1 Pidato Putri diikuti Aisyah Kasrotul Athifah (kelas 9D), juara 1 Tahfidz Putra diikuti Muhammad Azis Baskoro (kelas 9 D), juara 1 Tilawah Putra diikuti oleh Muhammad Adika Adhyasta Purnomo (kelas 9C).

Juara 1 Tilawah Putri diikuti oleh Afwa Mutiara Yusfa (kelas 7G), juara 2 Kaligrafi Putra, diikuti Muhammad Mirza Abdillah Ghiffari (kelas 7G), juara 3 Kaligrafi Putri diikuti oleh Ifta Shaafiya Ulfa kelas (kelas 8C), dan juara 3 Tahfidz Putri, diikuti oleh Farsya Fadilla Baskoro (kelas 7A.)

“Lomba MAPSI diadakan dalam rangka memotivasi peserta didik dalam mengamalkan ajaran Islam. Setelah sempat vakum karena Pandemi, Alhamdulillah tahun ini tim dari SMPN 2 Purworejo berhasil meraih Trophy Bergilir Juara Umum,” ungkap Dukhri, Senin (25/10/2021), yang menjadi pembimbing bersama Agus Arifin, S.Pd.I dan Astried Dian Novita, S.Pd.I, M.Pd.

Dijelaskan oleh Dukhri, lomba MAPSI tersebut diikuti oleh seluruh sekolah SMP negeri dan swasta se Kabupaten Purworejo, dengan juri profesioal dari luar daerah.

Untuk persiapannya sendiri, ungkap Dukhri, sudah jauh-jauh hari para peserta mendapatkan pelatihan khusus, dengan dukungan penuh penuh dari orangtua masing-masing. Diawali dengan babak penyisihan pada Senin (04/10/2021) yang dilakukan secara daring, pada final Selasa (12/10/2021) yang dilakukan secara luring, tim MAPSI SMPN 2 Purworejo berhasil meraih juara umum.

“Setelah meraih juara, kita berharap anak-anak bisa lebih berkembang lagi. Di masyarakat juga bisa lebih bermanfaat lagi. Jadi potensinya tidak hanya pada akademik saja,” ujar Dukhri.

Atas prestasinya anak didiknya itu, Yosiyanti Wahyuningtyas, M.Pd, selaku Kepala SMPN 2 Purworejo mengaku sangat bangga. Prestasi tersebut, menambah panjang deretan prestasi siswa SMPN 2 Purworejo.

“Prestasi SMPN 2 Purworejo itu tidak hanya di bidang akademik saja, tapi juga bidang-bidang lain, seperti bidang keagamaan ini. Dari pihak sekolah selalu mensupport, dari awal perekrutan hingga pembinaan,” pungkas Yosiyanti. (Jon)